Dukung Program Wajib Sapi Bunting, DKPP Siapkan 50 Hektar Lahan Rumput

    SUKAMARA – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara melakukan Pembukaan Lahan dan Penanaman Hijauan Pakan ternak (HPT) untuk mendukung program pemerintah pusat yaitu Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting atau lebih dikenal dengan UPSUS SIWAB yang tujuan akhirnya terwujudnya Swasembada Daging.

    Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat mengatakan bahwa luas lahan yang baru dibuka seluas 10 Hektar dari 50 Hektar lahan yang dihibahkan kepada pemda, luasan lahan tersebut akan ditanami Hijauan Pakan Ternak berupa Rumput BH Tully, Rumput King Grass, Rumput Gajah Mini (Gajah Odot) dan Indigovera.

    “Pada tahap pertama ini rumput yang ditanam adalah rumput gajah mini (gajah odot/odot) untuk proses persiapan dan lahan ini berlokasi di Desa Sungai Cabang Barat, Kecamatan Pantai Lunci,” ujar Syamsir, Selasa (14/8/2018).

    Menurutnya, pengolahan tanah pada tahap pertama tersebut bertujuan untuk mempersiapkan tempat tumbuh yang optimal bagi hijauan pakan ternak, sebab tanah yang diolah akan menjamin perkembangan perakaran yang sempurna, memperbaiki aerasi, kelembaban dan kesuburan tanah.

    “Kita berharap ini dapat dijadikan sebagai ladang percontohan bagi para peternak dan diharapkan setiap peternak memiliki lahan HPT, karena rumput jenis ini mudah ditanam dan mudah dipelihara serta memiliki nutrisi yang sangat baik bagi pertumbuhan ternak,” tukas Syamsir.

    Dilahan ini juga nantinya akan dilengkapi dengan Kandang ternak, Sapi Potong, Pagar, Sumur, Rumah Jaga, Kantor, Mess Karyawan, Ladang Pengembalaan serta Fasilitas Penunjang Lainnya tentunya ini akan terwujud dengan dukungan semua pihak.

    (enn/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT