Bentuk Mental dan Karakter Anak, DWP BPKAD Katingan Gelar Lomba Mewarnai Tingkat TK

    KASONGAN – Organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Katingan menggelar lomba mewarnai gambar tingkat Taman Kanak-Kanak se Kecamatan Katingan Hilir, Rabu (15/8/2018).

    Lomba mewarnai dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 73 Republik Indonesia tersebut, diharapkan anak-anak memiliki mental yang tangguh, memiliki kepercayaan diri, membentuk karakter anak, menumbuhkan jiwa sportivitas, dan jiwa sosial yang tinggi.

    Asisten II Setda Katingan Akhmad Rubama mengatakan, karakter anak harus dibentuk sejak dini. Setiap anak yang terlahir adalah unik, mereka adalah individu yang punya kecerdasan masing-masing.

    Sebab, sejak dilahirkan perkembangan fisik maupun mental anak terus bertumbuh. Mereka selalu mencoba dan terus belajar, baik dari pengalaman maupun pertualangan. Karena itu, faktor orang tua dan lingkungan sangat berpengaruh dalam proses tumbuh kembang anak.

    “Tugas kita sekarang adalah untuk memastikan bahwa keinginan anak untuk mau belajar terus berkobar, jangan sampai padam. Kita harus mendorong anak agar berkontrobusi secara mandiri untuk memajukan dirinya sendiri,” imbuhnya.

    Adapun salah satu upaya yang dapat dilakukan, yakni dengan menyedialan berbagai kebutuhan belajar anak. Contohnya menggelar perlombaan mewarnai tingkat TK kali ini.

    “Melalui kegiatan ini maka secara tidak langsung mengajarkan anak-anak tentang jiwa sportifitas, bersosialisasi dengan anak seusianya, dan melatih imajinasinya melalui gambar. Semoga lomba ini dapat menciptakan anak-anak yang berdaya saing, cerdas, berkarakter, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi,” harapnya.

    Kepala BPKAD Katingan Roby mengatakan, semua peserta adalah pemenang, sebab anak-anak telah berani untuk ikut berlomba. Lomba mewarnai ini merupakan bentuk kreatifitas dalam mengimplementasikan imajinasi anak dalam sebuah gambar untuk kemudian diwarnai sesuai realitas.

    “Saya memperhatikan bahwa organisasi DWP tahu betul multiplier dari kegiatan ini. Mereka seakan memiliki tanggung jawab yang lebih besar, mungkin karena para ibu itu lebih peduli dan lebih dekat dengan anak-anak,” ujarnya.

    Dirinya berharap, agar kegiatan serupa menjadi event tahunan bagi organisasi DWP di BPKAD Katingan. Meskipun dalam praktiknya, organisasi ini harus berjuang keras untuk menggandeng para sponsor untuk membiayai kegiatan lomba mewarnai.

    “Saya setuju apabila event lomba mewarnai seperti ini semakin luas cakupannya, sehingga anak-anak yang berasal dari kecamatan lain bisa berpartisipasi. Ini baru DWP disatu instansi saja, bayangkan apabila 24 DWP disemua SOPD di Katingan juga menggelar acara serupa, maka akan semakin meriah,” pungkasnya.

    Sementara, Ketua DWP BPKAD Katingan, Boniasihati mengatakan, kegiatan ini untuk yang ketiga kalinya dilaksanakan kegiatan lomba mewarnai gambar oleh DPW BPKAD Katingan ini.

    Pihaknya juga bersyukur dan mengucapkan terimakasih serta penghargaan setinggi-tingginya, karena sudah dan di sponsor oleh bank BRI, BPK Katingan, BPJS, Depolover dan pihak terkait lainnya. Sehingga kami sangat banyak mengucapkan terimakasih dalam hal ini.

    “Harapan kami kedepan mudah -mudahan bisa melaksanakan apa yang diinginkan oleh beliau. Untuk tahun ini kita melaksanakan hanya di tingkat kecamatan katingan hilir saja, sebenarnya undangan kami sampai ke kecamatan pulau malan, akan tetapi tidak yang hadir. Mudah-mudahan kedepan kita bisa melaksanakan di tingkat kabupaten,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT