Barito Utara Akhirnya Punya Ini !!

    MUARA TEWEH – Akhirnya pemerintah Kabupaten Barito Utara mengumumkan Maskotnya, setelah sebelumnya lambang atau maskot yang menjadi ciri khas Bumi Iya Mulik Bengkang Turan tersebut di sayembarakan.

    Proses sayembara ini sendiri dilaksnakanakan beberapa bulan lamanya dan melibatkan puluhan warga. Hasilnya dalam sayembara itu juga, ditemukan masukan dari masyarakat berbagai kalangan.

    Diakatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barut, Ir. Suriawan Prihandi, bahwa sebelum diumumkan, penetapan maskot terlebih dulu melalui penilaian tim yang dibentuk dan dikeluarkan surat keputusan, Kamis (16/8/2018).

    Dalam tersebut mengacu pada dua katagori, yaitu Floura dan Fauna, yang banyak terdapat di wilayah Barito Utara. Dan sayembara juga melibatkan para peserta dari berbagai kalangan banyak dan memasukan dua katagori tersebut.

    Namun hanya ada empat saja yang dijadikan pilihan. Sehingga dari keseluruh materi itu juga dipilih satu untuk kategori Floura dan Fauna dengan hanya mengambil unsur satu saja.

    Dan akhirnya untuk Floura adalah tumbuhan Tabat Barito, sedangkan untuk Fauna adalah binatang Rusa.

    “Kedua kategori ini sudah resmi menjadi maskot Barito Utara, setelah disampikan oleh bapak bupati H. Nadalsyah pada saat hari ulang tahun Kabupaten kemarin,” ujarnya.

    Lanjutnya, dengan setelah adanya penetapan ini, maka secara resmi maskot kabupaten Barito Utata akan diabadikan baik berupa patung dan lainnya. Namun untuk pembuatan ini, pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah daerah.

    Namun yang jelas, para pemenang lomba untuk maskot ini akan diberikan penghargaan pada beberapa hari lagi atau pada saat kegiatan kenegaraan sudah selesai seperti hari Kemerdekaan.

    Saat ini memang maskot memang sangat penting, sebab ini merupakan identitas suatu daerah. Karena diberbagai daerah juga makot atau lambang merupakan ciri khas suatu daerah. Oleh karena itu juga lambang daerah atau maskot merupakan identitas atau budaya warga sekitar.

    Begitu juga dengan rusa bertanduk, binatang yang satu ini merupakan penghuni hutan dipedalaman Barito Utara, bahkan ini sudah dikenal sejak lama. Begitu juga dengan tumbuhan tabat barito menghiasi hutan di wilayah pedalaman.

    “Jadi dua katagori yang sudah diumumkan merupakan ciri khas suatu daerah dimana banyak dikenal dan tentu saja dikenal juga di daerah lain,” tandasnya.

    (shp.beritasampit.co.id)