Dua Ribu Peserta Diprediksi Ikuti Pawai Pembangunan Desa Hampalit

    KASONGAN – Semarak Dirgahayu Republik Indonesia Ke -73 terus menggema di semua penjuru Nusantara, berbagai cara dilakukan untuk menujukan rasa Nasionalisme.

    Dulu bentuk wujud nasionalisme masih menggunakan cara fisik yaitu merebut satu kata ‘Merdeka’, kini bentuk nasionalisme yang bisa kita lakukan telah berubah yaitu mengisi kemerdekaan dengan cara ikut aktif dalam Pembangunan, Peningkatan Infrastruktur, Peningkatan SDM, Pelestarian Budaya serta menjaga keutuhan NKRI.

    Melihat Fenomena sosial inilah Pemerintah Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan dan para Tokoh Pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Tunas Muda Desa Hampalit, menggelar perayaan HUT RI Ke-73 dengan tema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”.

    Menurut Sukardie Ketua Panitia Pelaksana kegiatan HUT RI Desa Hampalit, kegiatan tahun ini dibagi menjadi beberapa agenda besar yaitu, pertama Apel Upacara Peringatan HUT RI, Kedua Lomba Pawai Pembangunan yang di ikuti beberapa Desa seperti, Desa Telangkah, Banut Kalanaman, Jahanjang, Petak Bahandang, maupun desa Karuing.

    “Kalo prediksi kami perkiraan peserta 2000 (Duaribu) orang yang hadir, ditambah para pelajar yang ikut, dan nanti pawai ini akan di nilai yang terbaik,” ucapnya. Jumat, 17/08/2018.

    Ditempat yang sama Ketua Karang Taruna Tunas Muda Hampalit, Firman menjelaskan bahwa makna kemerdekaan diera milineal tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pemuda desa.

    “Diera sekarang ini arus globalisasi sulit dibendung akibatnya pola fikir dan sikap telah banyak berubah, nilai-nilai gotong royong pun telah sulit kita dapat, apalagi tantangan Radikalisme, serta Bahaya Narkoba menjadi musuh utama dalam menjawab kemerdekaan untuk itulah semoga dengan apa yang telah kami lakukan sekarang menjadi salah satu upaya menjawab tantangan-tantangan kemerdekaan itu sendiri,” pungkasnya.

    Untuk diketahui Apel Upacara Peringatan HUT RI ke -73 akan dilaksanakan di Lapangan SMK-N 1 Katingan Hilir dan dilanjutkan tanggal 18 Agustus Pawai Pembangunan, tempat depan SMPN -2 Katingan Hilir dan SDN 5 Telangkah, Jalan Pembangunan Km. 1. Pukul 13.30 Wib.

    (Maulana.Kawit/Beritasampit.co.id)