Upacara Peringatan HUT RI Kecamatan Teluk Sampit Berlangsung Hikmad

    SAMPIT – Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia di Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), berlangsung hikmad.

    Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Camat Teluk Sampit Drs. Samsurizal, M.Si, diikuti oleh ratusan pelajar, unsur muspika dan aparatur desa setempat.

    Dalam amanatnya, disampaikan bahwa bulan Agustus Tahun 2018 adalah bulan dan tahun yang istimewa bagi bangsa Indonesia karena selain bertepatan dengan momen peringatan 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, juga menyambut ajang Asian Games XVIl.

    Disebutkan ada dua tema yang digaungkan dalam pelaksanaan HUT RI tahun ini yaitu, Kerja dan Energi.

    Kemudian, secara garis besar, Samsurizal menyampaikan amanat Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dimana Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Badan memasuki Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) disampaikan hingga Oktober 2018 mendatang, musim kemarau diprediksi lebih kering dibandingkan tahun 2016 dan tahun 2017.

    Sehingga tingkat potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan akan semakin tinggi. Maka dari itu lanjutnya, menjaga kelestarian alam dalam rangka pembangunan berkelanjutan adalah bagian dari upaya memberi makna pada
    kemerdekaan.

    “Konstitusi kita mengamanatkan bahwa sumber daya dan kekayaan alam yang telah diwariskan pendahulu, pejuang kemerdekaan kta agar dimanfatkan
    bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat Indonesia bukan untuk dihancurkan atau dimusnahkan,” terangnya, (17/8/2018).

    Dijelaskan, kebakaran hutan dan lahan dan kerusakan ekosistem yang merupakan faktor kesengajaan oleh penduduknya, tentu sangat menghargai jasa-jasa para pahlawan dan mencederai tujuan perjuangan mereka.

    Gubernur kata Samsurizal, mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak membakar hutan dan selama musim kemarau ini. “Mari kita wariskan alam dan hutan yang lestari kepada generasi penerus kita untuk kelangsungan hidup mereka,” sambungnya.

    Diakhir upacara, diserahkan hadiah perlombaan dari pihak kecamatan. Para kepala desa dan BPD setempat nampak semangat mengikuti kegiatan. Disamping itu tak kalah penting. Diserahkannya bantuan sarana olahraga dari Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid.

    Pada kesempatan itu, Abdul Hafid berpesan agar sarana olahraga yang diserahkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan melalui olahraga dapat mempererat hubungan silaturahmi antar sesama.

    (raf/beritasampit.co.id)