Wah… Kades se Kapuas Beramai-ramai ke Kota Malang, Ngapain Ya?

    KUALA KAPUAS – Seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Kapuas, dengan di dampingi masing-masing Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD)-nya berangkat ke Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

    Mereka juga didampingi oleh 23 orang pendamping dari Kecamatan, desa, Pemda dan Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas.

    Beramai-ramai ke Kota Apel (julukan Kota Malang) itu dalam rangka mengikuti Bimbingan Teknis Pemantapan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se Kapuas Tahun 2018.

    Pada, Senin (27/8/2018) malam, bertempat di Aula Hotel Aria Gajayan, Kota Malang, Bimtek tersebut dibuka secara langsung Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Agus Pramono didampingi Pj Ketua TP PKK Andayani.

    Dalam sambutannya, Agus mengatakan, tupoksi BPD bersama dengan kepala desa dan perangkat desa sebagai penyelenggara pemerintahan di desa guna terwujudnya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat.

    “Oleh karena itu melalui bimbingan teknis ini sangat diharapkan niat dan keseriusan saudara sebagai peserta bimbingan teknis untuk mengikuti semua materi yang disampaikan oleh semua narasumber, karena ini adalah ilmu yang sangat bermanfaat dan tidak ternilai dengan apapun,” ujarnya.

    Diharapkan Agus, setelah selesai bimbingan teknis ini, BPD dapat bersinergi dengan kepala desa serta aparat desa guna terciptanya pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel.

    Sementara itu, Kepala DPMD Kapuas Drs Ibak mengatakan, hasil yang ingin dicapai dalam bimtek yang dilaksanakan agar BPD memahami dan memiliki pengetahuan tentang kedudukan, fungsi dan wewenang, hak dan kewajiban dengan baik.

    “Dan BPD mampu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan penyelenggaraan administrasi desa,” tukas Ibak.

    Untuk diketahui, kegiatan bimtek dilaksanakan selama 5 hari, dari tanggal 27 sampai dengan 31 Agustus 2018.

    Adapaun Narasumber dalam kegiatan yang dimaksud Direktur Pengembangan Sumber Daya dan Lingkungan Hidup, Ditjen PDT Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI Ir Nyelong Inga Simon. Narasumber lainnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dan Pemerintah Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

    (irfan/beritasampit.co.id)