Polres Kobar Konsentrasi Tuntaskan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan di Jalan Trans Pangkalan Bun-Kolam

    PANGKALAN BUN – Polres Kotawaringin Barat kembali menurunkan personelnya guna menuntaskan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Km 10, Jalan Trans Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama (Kolam), Selasa (28/8/2018).

    Upaya pemadaman tersebut dipimpin langsung Kabag Operasi Polres Kobar AKP Todoan Gultom SIK.

    Dia mengatakan, dalam giat pemadaman ini pihaknya menurunkan 20 personel gabungan dari Polres Kobar dan Brimob Pangkalan Bun.

    “Saat ini pemadaman kebakaran hutan dan lahan masih berkonsemtrasi pada lahan yang ada di ruas Jalan Km 10 Pangkalan Bun menuju Kecamatan Kotawaringin Lama, karena memang kondisi lahan bergambut meski api telah padam masih saja mengeluarkan asap, sehingga kami pun bergerak melakukan pemadaman sampai benar benar padam,” ujar Todoan Gultom.

    Kabag Ops ini pun menjelaskan kendala pada saat melakukan pemadaman, selain lokasinya berada di dalam sehingga personel pun harus berjalan kaki untuk mendekati hot spot (titik panas), juga kesulitan mendapatkan air.

    “Lokasinya berada di dalam sehingga kami pun harus berjalan kaki dengan memanggul mesin alkon dan selang peralatan pemadaman, namun demikian ini bagian tugas kami meski lokasi sulit di jangkau, kami harus bisa mencapai titik hot spot,” ternagnya saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, Rabu (29/8/2018).

    Dalam giat pemadaman karhutla tersebut, para personel Polres Kobar juga telah memasang sejumlah spanduk larangan membakar hutan dan lahan, dibeberapa tempat yang cukup rawan karhutla.

    (man/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan