Kapuas Persiapkan Diri Jadi Kota Layak Anak

    KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), bertempat di ruang rapat Bupati Kapuas, Kamis (30/8/2018).

    Rapat tersebut dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kapuas H Masrani. Hadir Ketua Gugus Tugas KAL Kapuas Yan Hendri Ale, dan Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak DP3APPKB Provisnis Kalimantan Tengah Sinsigus.

    Masrani dalam sambutannya menyampaikan, bahwa program KAL adalah program yang harus dilaksanakan.

    “Ini adalah salah satu program Pemerintah yang harus kita laksanakan oleh karena itu penting adanya koordinasi antara kita semua untuk demi menciptakan Kabupaten/Kota Layak Anak ini,” ucapnya.

    Usai dibuka, rakor tersebut dipimpin Ketua Gugus Tugas KAL Kapuas yang juga menjabat sebagai Kepala Bappeda Kapuas Yan Hendri Ale.

    Dikesempatan itu, Ale melaporkan kegiatan serta upaya pengembangan KAL Kapuas sejak tahun 2017 – 2018.

    Selanjutnya melaksanakan evaluasi indikator KLA Kapuas, yang mana Kapuas memperoleh urutan ketiga dari 14 Kabupaten/Kota di Kalteng. Bahkan pada bulan Juli 2018 lalu, Kapuas juga mengirim utusan dari forum anak daerah Kabupaten Kapuas untuk mengikuti Kegiatan Forum Anak Nasional di Provinsi Jawa Timur.

    Diketahui, sebagaimana yang diterangkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, KLA adalah Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

    (irfan/beritasampit.co.id)