Dua Wakil Katingan Torehkan Prestasi Pada Ajang Pemilihan Putra-putri Kebudayaan Kalteng

    KASONGAN – Mewakili Kabupaten Katingan pada Ajang pemilihan Putra dan Putri Kebudayaan Kalimantan Tengah tahun 2018 yang dilaksanakan di Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya, Minggu (2/9/2018).

    Yuseva Wulandari, mahasiswi Universitas Darwan Ali Kampus Kasongan ini berhasil memperoleh prestasi Runner up pertama putri Kebudayaan Kalimantan Tengah dan bersama teman seperjuangannya yang juga mahasiswa yakni Satri, berhasil memperoleh prestasi sebagai putra persahabatan Kebudayaan Kalimantan Tengah.

    Dua orang peserta perwakilan Kabupaten Katingan tersebut bersaing dengan 14 peserta lainnya dari masih-masing kabupaten dan kota untuk menampilkan yang terbaik dihadapan dewan juri agar bisa mewakili Kalimantan Tengah pada ajang Pemilihan Putra dan Putri Kebudayaan tingkat Nasional di Bandung, Provinsi Jawa Barat nantinya.

    ” Melalui peran generasi muda yang terpilih sebagi putra dan putri kebudayaan Kalimantan tengah khususnya perwakilan Katingan ini. Saya berharap apa sudah diperoleh bisa menjadi contoh generasi-generasi muda di Katingan. Sehingga apa yang kami lakukan ini adalah untuk mempromosikan, memperkenalkan dan mengembangkan budaya dan kreativitas daerah katingan serta bisa diwarikan ke generasi selanjutnya,” terang Satri, kepada beritasampit.co.id, Senin (3/9/2018).

    Untuk itulah, dirinya juga berharap kepada pemerintah Kabupaten Katingan maupun pihak terkait yang membidangi agar memperhatikan dan memberikan ruang kepada generasi-generasi muda untuk membuat wadah ada pergelaran seperti yang sudah di dikuti pada ajang pemilihan putra dan putri kalimantan tengah tersebut bisa di contoh kan di kabupaten Katingan.

    ” Sehingga nantinya lebih banyak menampung dan menjaring generasi-generasi muda untuk mempromosikan, memperkenalkan dan mengembangkan budaya dan kreativitas daerah katingan,” terangnya.

    Sementara, Yuseva Wulandari menambahkan, bahwa ajang pemilihan Putra dan Putri Kebudayaan Kalimantan Tengah tersebut salah satunya bisa memberikan dampak positif bagi anak muda di Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Katingan dalam menjaga nilai-nilai budaya leluhur.

    ” Dengan terpilihnya sebagai Runner Up I puteri Kebudayaan Kalimantan Tengah perwakilan Katingan untuk tingkat Nasional di Kota Bandung nantinya. Saya berharap bisa memberikan yang terbaik kebudayaan KalimantanTengah diseluruh Nusantara,” pungkasnya.

    Perlu diketahui, selain perwakilan dari Katingan sebagai pemenang Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Kalteng 2018 yang akan menjadi pereakilan cadangan mewakili Kalteng di tingkat Nasional

    Ada perwakilan Kota Palangka Raya atas nama M Noor sebagai sebagai terbaik pertama Putra Kebudayaan dan dari Murung Raya atas nama Wulan Purnama Sari, sebagai The Winner putri Kebudayaan sebagai perwakilan utama.

    Kemudian, Runnerup I putra dan putri Kebudayaan, yakni Zainal Mustofa dari Kotawaringin Timur dan Yuseva Wulandari perwakilan Kabupaten Katingan.

    Lalu, Runnerup II Putera dan Puteri Kebudayaan: Arif Rahman Hakim dari Murung Raya dan Kris Monika Eka Sinta dari Barito Utara.

    (ar/beritasampit.co.id)