Permudah Pelayanan Pemkab Akan Dirikan Kantor Samsat di Kecamatan

    KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkap) Seruyan, akan mendirikan Kantor Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap di kecamatan. Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan, Haryono mengatakan, untuk tahap awal Kantor Pelayanan Samsat akan didirikan di Pembuang Hulu Kecamatan Hanau.

    “Lahan untuk membangun Kantor Samsat sudah kita siapkan. Tapi kalau memang perlu cepat Kantor Pelayanan Samsat untuk sementara bisa menggunakan bangunan atau gedung di Kantor Kecamatan Hanau,” katanya di Kuala Pembuang, Kamis (6/9/2018).

    Ia menjelaskan, pendirian Kantor Samsat didirikan di Hanau untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat di wilayah tengah dan hulu Seruyan yang selama ini kesulitan mengakses pelayanan Samsat karena lokasinya yang jauh dari Kantor Samsat di Kuala Pembuang.

    “Secara geografis Kecamatan Hanau ini letaknya lebih dekat dengan kecamatan yang berada di wilayah tengah dan hulu, karena itu Kantor Samsat kita dirikan di sana agar pelayanan menjadi lebih dekat dan mudah diakses masyarakat,” katanya.

    Haryono yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Seruyan menilai, pelayanan Samsat di Seruyan belum berjalan secara maksimal karena satu-satunya Kantor Samsat yang berada di Kuala Pembuang sangat sulit diakses oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat yang berada di wilayah hulu Seruyan.

    Selain itu, layanan mobil Samsat keliling juga belum efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena pelayanan hanya diberikan pada waktu tertentu sehingga tidak dapat diakses setiap saat oleh masyarakat.

    Sulitnya mengakses pelayanan Samsat tersebut membuat sebagian besar masyarakat Seruyan yang berada di kecamatan jauh dari Kuala Pembuang memilih menyelesaikan urusan kesamsatan seperti surat dan pajak kendaraan bermotor ke Kantor Samsat di kabupaten lain seperti Kotawaringin Timur (Kotim) dan Kotawaringin Barat (Kobar).

    Kemudian, banyaknya masyarakat yang menyelesaikan pajak kendaraan ke kabupaten lain membuat Seruyan kehilangan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor. “Jadi dengan mendirikan Samsat di kecamatan diharapkan dapat mendekatkan serta memberikan kemudahan bagi masyarakat, dan di sisi lain dapat mendorong peningkatan pendapatan daerah,” katanya.

    (rdi/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)