Mau Tau? Begini Cara Polres Katingan Cegah Paham Radikalisme di Kalangan Pelajar

    KASONGAN – Kepolisian Resor (Polres) Katingan punya cara menarik dalam menguatkan rasa kebangsaan di kalangan pelajar guna mencegah paham radikalisme, yakni dengan menggelar Kemah Kebangsaan yang secara resmi dibuka Sabtu (8/9/2018).

    Perkemaah yang dimotori oleh Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Katingan ini dilaksanakan Desa Hampalit tepatnya dihalaman sekolah MAN Katingan Hilir tersebut, diikuti kurang lebih 500 orang peserta yang terdiri dari Pramuka Saka Bhayangkara Polres Katingan, Perwakilan pelajar tingkat SMP dan SMA se-Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

    Dijelaskan Kapolres Katingan, AKBP Elieser Dharma Ginting, SIK. Jika materi yang diberikan pada kegitan tersebut yakni tentang paham anti radikalisme di kalangan pelajar sebagai generasi bangsa. Selain itu ada juga materi tambahan tentang penyalahgunaan dan bahaya Narkoba.

    “Kegiatan perkemahan selama dua hari ini juga isi dengan pagelaran seni budaya dan tari kolosal untuk memupuk rasa cinta tanah air dengan Adat istiadat seni daerah, dan gerak jalan dan Ketangkasan beregu, serta untuk penutupannya pada malam akrab menyalakan api unggun sebagai lambang kehangatan serta memberi semangat dab kegembiraan pada semua anak-anak pramuka,” terang Kapolres Dharma Ginting, kepada beritasampit.co.id, Sabtu (8/9/2018).

    Dharma Ginting menjelaskan, tujuan dilaksanakan kemah kebangsaan tersebut untuk menjaga rasa kebangsaan sekaligus memperkuat modal sosial, berupa gotong-royong bagi Pemuda-Pemudi, dan menguatkan kembali nilai Pancasila dan kebhinekaan.

    “Selain itu, menjadi duta bagi terciptanya persaudaraan sesama anak bangsa, menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air dan membentuk karakter pemuda-pemudi melalui kegiatan Kemah Kebangsaan, serta memiliki jiwa patriotisme yang tinggi dengan trisatya dan dasadharma pramuka,” pungkasnya

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: FAHRIZAL

    (Visited 1 times, 1 visits today)