Patut Dicontoh, Desa Hanaut Salurkan Profil Tank Hadapi Musim Kemarau

514

SAMPIT – Desa Hanaut, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menyalurkan tempat penampungan air bersih atau profil tank ukuran 1.100 liter sebanyak 38 buah kepada warga masyarakatnya.

Profil tank program Musrenbangdes tahun 2017 yang dituangkan melalui dana desa tahun 2018 yang diperuntukan buat persediaan air bersih di musim kemarau telah bagikan.

“Hari ini kita menyalurkan profil tank kepada 16 RT dan 5 RW,” kata Kepala Desa Hanaut, Ardiansyah, kepada beritasampit.co.id, Sabtu (8/9/2018).

Program desa Hanaut melaksanakan profil tank buat warga masyarakatnya lantaran terjadi musim kemarau warga kesulitan akan ketersedian air bersih terlebih untuk konsumsi minum dan memasak. Sehingga pengadaan sarana profil tank menjadi prioritas bagi masyarakat desa tersebut.

“Penyaluran profil tank ini merupakan program yang pertama kali desa lakukan ditahun 2018 ini,” sebutnya.

Penyaluran agar tak terjadi kecemburuan diantara warga penerima, pihak pemerintahan desa melakukan pengundian yang adil dengan memberikan kotak undian yang diberi nama masing-masing dan disaksikan semua pihak.

Baca Juga:   ​Desa Bagendang Permai Prioritaskan 4 Item Pembangunan Fisik APBDes 2017

“Pengundian seperti ini kita lakukan biar lebih adil yang juga disaksikan bapak Camat, BPD dan masyarakat sendiri,” kata Adiansyah.

Program penyaluran profil tank terus berlanjut hingga terpenuhi sebanyak 387 buah tandon air sampai tahun 2020 mendatang.

Penyaluran program profil tank ini sangat tepat, karena wilayah ini sedang dalam musim kemarau meskipun dibarengi adanya turun hujan.

Bahkan hingga saat ini air dibantaran sungai Mentaya yang mengalir sudah tercemar air laut hingga berubah menjadi rasa asin.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG) wilayah Provinsi Kalteng musim kemarau terjadi hingga Oktober 2018 mendatang. Dan kemarau tahun ini lebih kering dibanding tahun 2016 dan 2017 hingga tingkat potensi terjadi kebakaran Hutan dan Lahan akan semakin tinggi.

Sementara itu, camat pulau Hanaut, Ir H Eddy Mashami atas program desa menyalurkan bantuan profil tank sangat mengapresiasi hingga kebutuhan akan air bersih bagi warga masyarakatnya bisa terpenuhi, meskipun dilaksanakan dengan cara bertahap.

Baca Juga:   ​MANTAP...Demplot Kebun Buah Desa Tanjung Trantang Berhasil

“Saya mengharapkan kepada warga agar program bantuan profil tank ini untuk dipergunakan sebaik-baiknya dan tidak boleh diperjual belikan,” tandas Camat menekankan.

Disampaikannya, kepada masyarakat desa Hanaut untuk selalu waspada akan musim kemarau saat ini. Walaupun terkadang adanya hujan jangan membuat kita lengah dan lalai dari akan dampak kebakaran hutan dan lahan sekitarnya.

“Saya menghimbau agar selalu waspada terhadap lahan dan hutan sekitarnya dari kebakaran tersebut,” tandasnya mengingatkan.

(mar/beritasampit.co.id)

EDITOR : MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments