Tak Adanya Formasi CPNS di Kecamatan Kapuas Hulu, Berinto : Ini Ada Apa?

    KUALA KAPUAS – Formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Kabupaten Kapuas sebanyak 197 formasi. Namun dari formasi yang diberikan pemerintah pusat, tidak ada satu pun formasinya di Kecamatan Kapuas Hulu, baik itu tenaga guru SD maupun SMP.

    Karenanya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Berinto mempertanyakan soal formasi tersebut.

    “Saya membaca di salah satu media online bahwa Kabupaten Kapuas diberikan formasi CPNS oleh pemerintah pusat sebanyak 197 formasi, tapi minus untuk Kecamatan Kapuas Hulu, baik itu tenaga guru SD dan SMP,” ujarnya di Kuala Kapuas, Kamis (13/9/2018).

    Hal ini menurutnya, sangat disayangkan kenapa Kecamatan Kapuas Hulu sampai kosong.

    “Ini ada apa? Apakah memang BKD tidak mengajukan melalui pemerintah daerah formasi ini? Ini yang harus dijawab oleh Pj Bupati Kapuas saat ini. Karena kalau kita mau riil, realitanya, boleh dong mereka lihat di lapangan bahwa untuk Kapuas Hulu masih membutuhkan tenaga guru baik SD maupun SMP,” ucap Berinto.

    Politisi muda Partai Nasdem ini pun mengungkapkan, kondisi dunia pendidikan di Kecamatan Kapuas Hulu, di mana ada satu SMP yang gurunya hanya satu orang saja berstatus PNS dan itu pun merangkap dari SD yaitu di Desa Tumbang Sirat. Bahkan ada satu SD baru di Kecamatan Kapuas Hulu cuma ada guru honor saja.

    “Oleh karenanya kita minta pemerintah daerah melalui Pj Bupati untuk memperhatikan itu. Karena saya menilai ini ada ketidakcermatan dalam hal pengusulan saklak prioritas. Jadi, ini perlu dipertimbangkan oleh Pj Bupati dan jajarannya,” katanya.

    (irfan/beritasampit.co.id)