RSUD Sultan Imanuddin Siap Menjadi RS Terbesar di Kalteng

    PANGKALAN BUN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun kini terus berbenah guna menjadi rumah sakit terbesar dan memiliki sarana prasarana terlengkap di Provinsi Kalimantan Tengah.

    Itu semua untuk membuktikan bahwa Kalteng pun ada rumah sakit yang ‘berkelas’ setara dengan rumah sakit lainnya di Jawa.

    “Setelah selesainya dibangun gedung UGD tiga tingkat yang lengkap dengan berbagai sarananya, sekarang mulai lagi dibangun gedung lima lantai untuk menampung sekaligus untuk meningkatkan service kepada para pasien,” kata Kardianto ST, selaku Kabid Sarana dan Prasarana RSUD Sultan Imanuddin (SI) Pangkalan Bun, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, Selasa (18/9/2018).

    Menurutnya, pengembangan pembangunan RSUD ini antara lain juga termasuk dalam program Visi-Misi Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

    “Jadi pengembangan rumah sakit yang siap menjadi terbesar di Kalteng, juga merupakan prioritas program Ibu Bupati Hj Nurhidayah, bahkan beliau mewanti-wanti harus membangun lagi tiga lantai khusus gedung untuk cuci darah,” ucap Kardianto.

    Dijelaskannya, masyarakat yang mau cuci darah sampai mengantri, akhirnya banyak masyarakat yang lari ke Palangka Raya atau ke Jawa untuk cuci darah.

    “Nah Ibu Bupati mendengar laporan tersebut sangat prihatin, akhirnya beliau meminta untuk membangun kembali gedung tiga lantai khusus cuci darah yang akan dibangun berdampingan dengan gedung UGD,” ujarnya.

    Ditambahkan Kardianto, kalau pembangunan gedung yang lima lantai nantinya diperuntukan untuk membangun sejumlah kamar yang berkelas, mulai dari kelas ekonomi sampai kelas VIP. Kemudian ruang persediaan obat-obatan pun khusus untuk kebutuhan para pasein, jangan sampai keluarga pasien karena obat tidak lengkap harus mencari keluar rumah sakit.

    Lanjut dia, dibangunnya gedung lima lantai, selain untuk kamar pasien yang dilengkapi berbagai sarana medis, termasuk di bagian lantai bawah ruang parkir kendaraan.

    “Untuk menjawab adanya laporan dari para calon pasien katanya kalau di rumah sakit swasta nyaman ruangannya. Nah dengan dibangunnya gedung lima lantai itu,salah satu jawaban bahwa rumah sakit pemerintah pun siap dan bisa bersaing dengan rumah sakit swasta,” ungkap Kardianto.

    (man/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan