Pemilu 2019 di Sukamara Siap Diamankan

335

SUKAMARA – Kapolres Sukamara, AKBP Andiyatna mengatakan bahwa pihaknya telah siap melakukan pengamanan pemilihan umum (Pemilu) dan Pemilihan Legeslatif (Pileg) 2019 di wilayah Bumi Gawi Barinjam.

“Kita memiliki tanggungjawab besar dalam kontestasi proses demokrasi yang harus dilakukan dalam sudut pengamanan. Jangan sampai memunculkan potensi konflik, untuk itu Polri dan TNI adalah dua unsur yang tidak punya hak politik tumpuan masyarakat untuk menciptakan demokrasi sehat, kompetitif dan aman serta kondusif,” kata Andiyatna usai apel gelar pasukan operasi matap brata telabang 2018, Rabu (19/9/2018).

Baca Juga:   Ratusan Anak-anak di Sukamara Berebut Ampao Saat Imlek

Menurutnya, Strategi pengamanan yang paling utama dalam pelaksanaan pemilu adalah menjalin sinergitas dengan pihak-pihak terkait. Selain itu, yang paling utama semua unsur dalam pelaksanaan pemilu harus sinergi baik KPU, Bawaslu, kontestas atau para bacaleg, partai politik, masa pendukung, media massa, tokoh-tokoh masyarakat harus kompak.

“Harus ada kerjasama semua pihak untuk dapat menciptkan pemilu yang damai dan kondusif,” ucap Andiyatna.

“Saya juga mengingatkana kepada jajaran Polres Sukamara untuk mengedepankan langkah-langkah proaktif dan preventif dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Netralitas dan kemudian bila terjadi peristiwa lakukan tindakan secara proporsional tidak berlebihan yang justru kontraproduktif,” imbuh Andiyatna.

Baca Juga:   Asyik...Karang Taruna Sukamara Gelar Pasar Murah

“Apapun risikonya Pemilu 2019 harus berlangsung aman, damai, lancar, kompetensi sehat dan tidak boleh mengorbankan konflik yang menyebabkan perpecahan dan kesatuan bangsa,” tukas Andiyatna.

(enn/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments