SMPN 3 Pontianak Juara Pertama Lomba PBB di Kodim 1207/BS

    PONTIANAK- Dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI dan HUT Dheksa Khatulistiwa, sebanyak 10 tingkat Pramuka Penggalang se-Kota Pontianak ikuti lomba Peraturan Baris-Berbaris dan Yel-yel dilapangan Makodim 1207/BS, Jalan Gusti Sulung Lelanang, Pontianak (7/10/18).

    Dalam amanatnya Kasdim 1207/BS, Letkol Infantri Hardi Dharmawan mengatakan, lomba PBB dan Yel-yel yang digelar adalah untuk memelihara semangat kebersamaan serta tingkat kesegaran mental dan kebugaran fisik, karena tidak ada prestasi dan karya yang besar lahir begitu saja. Semuanya memerlukan waktu, memerlukan proses dan memerlukan kerja keras dari mulai yang sederhana.

    Selain itu dikatakan Kasdim 1207/BS, Kegiatan perlombaan ini merupakan salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi peserta untuk berprestasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran gerakan pramuka.

    “Berlomba bukan semata untuk menang, tetapi untuk meningkatkan ketahanan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik,” ujar Kasdim 1207/BS, Letkol Inf Hardi Dharmawan.

    Lebih lanjut dijelaskan Kasdim 1207/BS, lomba PBB sebagai sarana meningkatkan prestasi serta evaluasi kualitas hasil pembinaan anggota gerakan pramuka golongan Penggalang, dan gugus depan.

    Gerakan pramuka selaku penyelenggara pendidikan Kepramukaan berperan penting dalam membentuk kepribadian generasi muda dan peningkatan kecakapan hidup kaum muda yang sangat penting untuk menghadapi tantangan masa depan sesuai dengan ketentuan perubahan lokal, nasional dan global. Dikaitkan dengan kondisi bangsa yang saat inisedang terpecah belah.

    “Pramuka harus menjadi perekat Bangsa, karena pramuka membentuk watak generasi muda yang pancasilais cinta tanah air, kader pemimpin masa depan dan menjadi agen pelopor persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Kasdim 1207/BS.

    Dengan mengikuti lomba PBB Kasdim 1207/BS, berharap, peserta agar dapat menjadi pribadi yang bertanggung jawab, mandiri dan disiplin serta memiliki kepedulian terhadap sesama, orang tua dan para pendahulu agar tumbuh rasa cinta tanah air.

    “Junjung tinggi sportivitas dan jaga kekompakan, Menang atau kalah itu biasa tunjukkan kemampuan kalian jaga nama baik sekolah yang kalian bawa dalam lomba ini,” pungkas Kasdim mengakhiri.

    Keluar sebagai juara pertama Gudep Bung Karno dari SMPN 3 Pontianak, juara kedua Gudep RE. Martadinata dari SMPN 12 Pontianak, sedangkan Juara ke tiga Gudep Raja ratu Madrasah Nurul Islam Pontianak.

    (hms/gra/beritasampit.co.id

    (Visited 1 times, 1 visits today)