20 Siswa SMKN 1 Maritim Kapuas Ikuti BST ke Semarang

    KUALA KAPUAS – Sebanyak 20 taruna/taruni SMKN 1 Maritim Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas mengikuti Basic Safety Training (BST) selama 26 hari ke Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

    Pada, Rabu (10/10/2018) mereka dilepas secara langsung Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di dampingi Ketua TP PKK Ary Egahni, di rumah jabatan bupati, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Kuala Kapuas.

    Dalam sambutannya, Ben menyampaikan rasa bangga kepada taruna/taruni yang akan melaksanakan pendidikan. Dia berharap agar para peserta melaksanakan dan mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga apa yang diajarkan menjadi bekal untuk bekerja atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    “Ini akan menjadi suatu pegangan atau bahan untuk ke depannya, karena kita bangga mempunyai yang namanya SMK Pelayaran yang ada di Kabupaten Kapuas. Ini sudah tentu harus kita perhatikan sama-sama,” ucapnya.

    Lanjut Bupati dua periode ini menerangkan, untuk asrama sudah diusulkan ke Gubernur Kalteng secara langsung dan sudah direalisasikan pembangunannya, tetapi masih kekurangan tempat tidur dan fasilitas lainnya. Untuk itu ia meminta ke dinas pendidikan untuk menghitung dan segera lakukan perubahan anggaran karena bersifat hibah.

    “Begitu juga nanti tolong kita usulkan lagi asrama khusus untuk puteri, segera dibuat usulannya untuk saya tanda tangan suratya. Kita harus berusaha supaya mereka betul-betul menjalani pendidikan dengan satu tempat sehingga dapat berkonsentrasi untuk menuntut ilmu,” tutur Ben.

    Sebelumnya, Kepala Sekolah SMKN 1 Maritim Badransyah menjelaskan, kegiatan akan dilaksanakan dari Tanggal 11 Oktober – 5 November 2018. Diklat bersifat gratis, yang ditanggung hanya perjalanan ke Semarang dan biaya penginapan.

    Kemudian, pada tanggal 23 Oktober 2018 akan melaksanakan kembali MoU atau kerja sama dengan Politeknik Pelayaran Semarang.

    “Jadi kegiatan ada tiga yaitu Diklat BST dan AFF, Buku Pelaut, dan penandatanganan MoU antara SMKN 1 Maritim Kapuas Kuala dan Politeknik Ilmu Pelayaran di Semarang,” jelasnya.

    Untuk diketahui, turut hadir dalam acara pelepasan itu Kasat Polair Polres Kapuas, Perwakilan dari Komandan Pos Angkatan Laut, Kepala Dinas Pendidikan, dan Pengawas SMA/SMK Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng.

    (irfan/beritasampit.co.id)