Mulai Hari Ini, Harga Pertamax Naik Jadi Rp 10.400

    PALANGKA RAYA- Pembelian BBM di sejumlah SPBU di Kota Palangka Raya hari ini tampak ngantri. Kendaran roda dua dan empat mengular keluar hingga ke badan jalan.

    Perilaku masyarakat yang rela ngantri berjam-jam di SPBU mengisi bahan bakar karena dipicu isue BBM langka. Masyarakatpun menyerbu SPBU, meski hanya membeli sebatas kemampuan isi tengki kendaraannya.

    Salah seorang warga yang dibincangi di SPBU meyakini, kelangkaan BBM sengaja dihenbuskan, karena mulai hari ini BBM jenis Pertamax mulai naik. “Kalau kita baca di media. Mulai hari ini, harga Pertamak naik,” ucapnya.

    Dilansir dari detik.com, Rabu (10/10/2018). PT Pertamina (Persero) menaikkan harga jual bahan bakar minyak (BBM) untuk Pertamax Series, Dex Series, dan Biosolar Non PSO. Harga baru ini berlaku di seluruh Indonesia mulai pukul 11.00 WIB.

    Sejak 17 Juli lalu, harga Pertamax di Jakarta Rp 9.500 per liter. Mulai hari ini, harga Pertamax menjadi Rp 10.400 atau naik Rp 900 per liter.

    External Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita mengatakan, penyesuaian ini sejalan dengan harga minyak dunia.

    “Penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik di mana saat ini harga minyak dunia rata-rata menembus US$ 80 per barel,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (10/10/2018).

    Sementara, harga BBM Premium, Biosolar PSO dan Pertalite tidak naik. Harga BBM untuk daerah yang terkena bencana alam di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah juga tidak naik.

    Penetapannya mengacu pada Permen ESDM No. 34 tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

    “Harga yang ditetapkan ini masih lebih kompetitif dibandingkan dengan harga jual di SPBU lain. Harga yang ditetapkan untuk wilayah lainnya bisa dilihat pada website Pertamina,” ujarnya.

    (gra/dtk/beritasampit.co.id)