Sakariyas: Kades dan Camat Ujung Tombak Mendeteksi Dini Ancamam Stabilitas Keamanan

    Editor: A Uga Gara

    KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, Camat dan Kepala Desa merupakan ujung tombak dalam mendeteksi dini ancaman atau gejolak serta persoalan yang bisa mengganggu stabilitas keamanan di masyarakat.

    “Camat dan Kepala Desa ujung tombak pemerintahan. Disamping itu posisinya juga sangat strategis. Oleh karena itu harus di optimalkan keefektifannya, terutama dalam deteksi dini dan cegah dini di wilayah masing-masing,” tukas bupati seraya berharap.

    Ditegaskan bupati, mengantisipasi setiap gerakan yang dapat menimbulkan ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan suatu hal yang mutlak dan harus dilaksanakan di berbagai aspek kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

    “Guna menciptakan iklim di daerah yang kondusif untuk memberikan rasa aman di masyarakat. Saya berpesan dan berharap khusus untuk seluruh Camat, agar lebih berperan aktif mengkoordinir dan mengoperasionalkan segenap unsur- unsur yang ada diwilayah masing-masing,” terang Sakariyas usai memberikan arahannya pada kegiatan pembukaan dekteksi dini unsur Pemerintah Kabupaten Katingan, di Hotel Katingan selama dua hari, mulai Senin (15-16/10/2018).

    Selain itu, dirinya juga berharap agar selalu menjaga kekompakan, keharmonisan, dan sinergitas dengan semua unsur di daerah. Kemudian, untuk meningkatkan kewaspadaan dini, deteksi dini, cegah dini, dan lapor cepat terhadap potensi kerawanan sebagaimana yang diamanatkan dalam undang- undang penanganan konflik sosial.

    ” Maupun informasikan perkembangan situasi dan kondisi di daerah untuk segera dilaporkan kepada kepala daerah pada kesempatan pertama,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)