Kendaraan Donor Darah, Tingkatkan Pelayanan PMI Kotim

    SAMPIT – Guna meningkatkan pelayanan donor darah kepada masyarakat, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaaten Kotawaringin Timur (Kotim), berinovasi membuat alat transportasi cepat yakni sepeda motor donor darah. Fungsi kendaraan tersebut adalah untuk memepermudah akses angkutan pengiriman darah, ke rumah sakit atau sebaliknya dari penjemputan lokasi donor darah.

    “Kendaraan ini standar, namun kita buat sedemikian rupa dan memilki box dibelakangnya. Fungsinya selain mendproing darah, juga mengambil darah. Ini dimaksudkan agar lebih cepat. Kalo pakai mobil mungkin agak lambat mengantarnya. Misal dari PMI, manakala ada yang membutuhkan darah, jadi aksesnya cepat menggunakan sepeda motor untuk layanannya,” kata Kepala UTD PMI Kotim, Yuendri Irawanto saat menerima bantuan korban bencana dari Kecamatan Parenggean, Senin (15/10/2018) lalu.

    Ditambahkan, kendaraan donor darah ini memiliki box dengan pengatur suhu atau pendingin. Disamping itu, juga lengkap dengan peralatannya. Kemudian, kendaraan ini juga difungsikan sebagai sarana sosialisasi donor darah. Sementara itu, Sekda Kotim, H. Halikinnor mengapresiasi apa yang dilakukan PMI Kotim, agar dapat membantu masyarakat dalam hal pelayanan donor darah.

    “Ini sangat bagus. Mudah-mudahan bermanfaat dan lebih cepat dalam hal pelayanan. Kedepan kita harus meningkatkan pelayanannya lagi,” ungkap Sekda. Ditambahkan untuk akhir Oktober ini dalam rangka motiviasi warga untuk mendonor, maka akan ada penarikan undian sepeda motor dan hadiah elektronik lainnya. Diharapkan masyarakat bisa mendonorkan darahnya untuk dapat membantu sesama.

    (raf/beritasampit.co.id)