Perpustakaan Garda Terdepan Bangkitkan Minat Baca

    PANGKALAN BUN – Keberadaan Perpustakaan merupakan garda di depan dalam upaya membangkitkan minat baca. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kotawaringin pun akan terus mengembangkan perpustakaan hingga desa.

    Hal itu seperti dikatakan Bupati Kobar Hj Nurhidayah usai pembukaan pameran sejuta buku di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kobar. Dalam acara itu di hadiri juga Ketua DPRD Kobar Triyanto.

    “Perpustakaan sebagaimana dinyatakan dalam UU No 43 tahun 2007 bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian informasi dan rekreasi pemustaka,” kata Hj Nurhidayah di dampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kobar Zaenah.

    Saat ini, lanjut dia, perpustakaan bukan hanya sekedar sebagai tempat pinjam dan baca buku melainkan juga sebagai tempat pendidikan non formal yang berfungsi sebagai pusat belajar.

    “Kegiatan pameran satu juta buku ini yang di danai dari Konsorsium dari percetakan yang ada di Yogyakarta akan lebih kita meningkatkan minat baca di Kobar, dan Alhamdulillah keberadaan Perpustakaan kita ini mendapat predikat terbaik di Nasional, hal ini tanggung jawab kita bersama untuk mempertahankan nilai itu bahkan menjadi lebih baik lagi karena target kami masyarakat desa pun harus bangkit minat membacanya,” ujarnya.

    Kemudiaan guna meningkatkan minat baca di desa, tambah Bupati, Pemkab Kobar akan menambah mobil yang di gunakan sebagai perpustakaan keliling.

    “Saat ini mobil perpustakaan keliling baru ada satu unit, insya allah akan kita tambah lagi, tadi juga ibu minta ke Kadis Perpustakaan agar lebih sering berkeliling desa dan menambah buku agar masyarakat di Desa pun lebih tertarik lagi membaca,” terang Hj Nurhidayah.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kobar Zaenah mengatakan, hingga saat ini koleksi buku yang ada sebanyak 13 ribu buku dari 1000 jenis judul buku

    “Setiap tahun anggaran kami selalu menambah jumlah buku maupun melengkapj jumlah buku yang banyak di cari oleh masyarakat, hal itu guna meningkatkan kepengetahuan dan ketrampilan melalui membaca,” singkat Zaenah.

    (man/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan

    (Visited 8 times, 1 visits today)