301 Perserta Ikuti Festival Seni Budaya Tingkat SLTA Sederajat

    Editor: A Uga Gara

    SUKAMARA – Sebanyak 301 orang peserta dari seluruh SLTA Sederajat mengikuti Festival Seni Budaya yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukamara.

    Kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 20 hingga sampai dengan 25 Oktober 2018 mendatang dengan memperlombakan 4 cabang.

    Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Sukamara, Abu Thalib mengatakan bahwa kegiatan yang digelar ini merupakan langkah persiapan sekaligus seleksi peserta untuk mengikuti kegiatan yang sama tingkat provinsi tahun depan.

    “Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah memberikan motivasi sekolah agar beerperan aktif memfasilitasi siswa dan guru pembina dalam pelestarian seni dan budaya,” kata Abu Thalib usai membuka festival seni budaya di Gedung Balai Pelatihan Guru (BPG), Senin (22/10/2018).

    Sementara itu, festival seni budaya memperlihatkan empat cabang lomba yaitu tari pedalaman dan tari pesisir, vokal gruop, melukis ornamen dan legenda serta lomba menganyam amuk purun atau tikar purun.

    “Adapun untuk sekolah-sekolah yang mengikuti adalah dari SMAN 1 Sukamara ada sebanyak 35 orang, SMAN 1 Balai Riam sebanyak 35 orang, SMAN 1 Jelai sebanyak 35 orang, SMAN 1 Pantai Lunci sebanyak 19 orang, SMKN 1 Sukamara sebanyak 35 orang, SMKN 1 Jelai sebanyak 35 orang, SMKN 1 Permata Kecubung sebanyak 35 orang, MAN Sukamara sebanyak 33 orang, MAS An Nur Balai Riam sebanyak 35 orang dan SMAN 1 P Kecubung sebanyak 35 orang,” rinci Abu Thalib.

    Dengan adanya festival seni budaya ini ini diharapkan dapat menjadikan siswa yang kreatif, cerdas dan berkarakter melalui penghayatan dan penguasaan seni budaya bangsa sehingga memiliki eksistensi dan meningkatkan kualitas siswa.

    “Harapannya dengan penjaringan ini mendapat juara dan terbaik untuk mewakili ditingkat SLTA di Festival Seni Budaya Se Provinsi Kaliamnatan Tengah tahun 2019 mendatang,” tukas Abu Thalib.

    (enn/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)