Ini Lima Poin Pernyataan Sikap Ikrar Bersama Wujudkan Pemilu Damai di Katingan

    KASONGAN – Melalui peringatan hari Sumpah Pemuda ke 90, maka untuk mengelorakan semangat kebangsaan dan nasionalisme khususnya di Kabupaten Katingan. Para pemuda menyatakan sikap untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk, melalui ikrar sumpah pemuda yang diprakarsai oleh Polres Katingan, Selasa (23/10/2018).

    Pernyataan sikap yang dilakasanakan di halaman markas komando Polres Katingan ini dihadiri dan diikuti oleh peserta dari Forkopimda, instansi pemerintah, TNI, Polri, organisasi Kepemudaan, para calon legislatif, tokoh Pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat yang ada di Kabupaten Katingan.

    Isi pernyataan sikap tersebut, yakni dengan semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober, kami Pemuda-Pemudi Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, Berikrar :

    1. Siap menjaga Pemilu 2019 yang bersinergitas dan bermartabat.

    2. Setia mengawal proses Pemilu 2019, ber azaskan langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

    3.Menolak Isu Sara, Menolak Politik Uang dan menolak penyalahgunaan media sosial untuk berita Hoax.

    4. Mengajak kepada Pemuda-Pemudi lainya serta pemilih pemula untuk mengunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019.

    5.Bersatu tekat merawat kebersamaan dan menjaga rasa toleransi demi terwujudnya Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Katingan.

    Usai menyatakan ikrar bersama, kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan balon sebagai tanda dukungan pemuda pemudi di katingan untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan sejuk, serta dimeriahkan oleh penampilan Polisi Cilik Polres Katingan dan hiburan rakyat Kuda Lumping Turonggo Mudo.

    Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting S IK mengatakan, hal ini dianggap sebagai momentum yang pas untuk menyatukan Visi dan Misi persatuan dan kesatuan bangsa agar masyarakat khsusunya para pemuda tidak mudah pecah belah oleh pemberitaan di media sosial melalui berita Hoax dan ujaran kebencian.

    Apalagi saat ini sudah memasuki masa tahapan kampanye yang rawan dengan beita yang bisa menimbulkan konflik yang berujung pada perpecahan bangsa.

    “Momentum sumpah pemuda ini sangat tepat untuk mengelorakan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa, tanpa memandang perbedaan apapun. Untuk itu Polres Katingan memprakarsai acara ikrar Pemuda pemudi ini dalam rangka untuk mewujudkan situasi jelang Pemilu yang aman, damai, sejuk dan kondusif di Katingan,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan

    (Visited 2 times, 1 visits today)