Wujudkan Pemilu Aman dan Damai Melalui Ikrar Pemuda Gagasan Polres Katingan

    KASONGAN – Dalam rangka menyonsong peringatan hari Sumpah Pemuda ke 90, Polres Kabupaten Katingan gelar upacara Ikrar Pemuda-Pemudi bangsa Indonesia di halaman markas komando Polres Katingan, Selasa (23/10/208).

    Ikrar sumpah pemuda ini guna mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Katingan. Dan diikuti oleh peserta dari Forkopimda, Instansi pemerintah, TNI, Polri, Organisasi Kepemudaan, para Calon Legislatif, tokoh Pemuda, tokoh Masyarakat, tokoh Agama dan tokoh Adat yang ada di Kabupaten Katingan.

    Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting S I K mengatakan, bahwa Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah Republik Indonesia dan berdirinya Indonesia. Peristiwa sejarah sumpah pemuda juga merupakan suatu pengakuan dari pemuda-pemudi bangsa Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

    “Pada saat ini bangsa Indonesia sedang melaksanakan proses tahapan pesta besar yaitu Pemilu tahun 2019. Pada momentum sumpah pemuda inilah yang melandasi pemikiran kami untuk melaksanakan kegiatan acara ikrar pemuda-pemudi di Kabupaten Katingan. Karena hal ini juga sebagai langkah preventif dan upaya cooling sistem Polres Katingan dalam menghadapi rangkaian tahapan Pemilu 2019 yang sedang berjalan, dimana terhitung mulai tanggal 23 Septemebr s/d 13 April merupakan tahapan Kampanye,” terang Kapolres Dharma Ginting, kepada beritasampit.co.id, Selasa (23/10/2018).

    Oleh sebab itu, dirinya mengharapkan seluruh elemen masyarakat, Ormas, organisasi kepemudaan, komunitas kemasyarakatan, mahasiswa, pelajar, pemuda-pemudi maupun pihak terkait lainnya agar dapat turut serta menjaga keamanan dan kedamaian jalannya Pemilu 2019. Sehingga menjadi Pemilu yang damai, aman dan sejuk dapat terwujud di Bumi Penyang Hinje Simpei.

    “Saya juga selaku Kapolres Katingan mengajak dan menghimbau kepada semua seluruh masyarakat kabupaten katingan untuk selalu mengunakan media sosial dengan baik dan bijak. Kemudian, agar tidak menghina orang lain, agama, suku, ras dan golongan. Tidak menghasut dan mengadu domba perseorangan ataupun kelompok masyarakat, serta hal hal lain yang dapat menciderai proses pesta demokrasi,” ujarnya.

    Bupati Katingan Sakariyas melalui Sekda Katingan Nikodemus, mengatakan bahwa pemerintah daerah memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak Polres Katingan atas terselenggaranya kegiatan Ikrar Pemuda-Pemudi anak bangsa. ” Pemerintah daerah selalu mendukung langkah Polres Katingan dalam rangka mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk,” singkatnya.

    Ditempat yang sama, Ketua KPU Katingan, Usman Sitepu, mengatakan sangat menyambut baik apa yang sudah dilakukan oleh Polres Katingan dalam rangka guna mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Katingan.

    “KPU Katingan menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap Polres Katingan, karena langkah ini merupakan momentum yang baik mewujudkan proses demokrasi Pemilu yang aman, damai dan sejuk. Sehingga keterlibatan dari Polres Katingan menjadi motivasi kami selaku KPU,” katanya.

    Usman juga menyampaikan, bahwa ini nantinya sebagai upaya dan iktiar bersama sekaligus komitmen anak bangsa khususnya pemuda-pemudi untuk memilihan perwakilan rakyat pada Pemilu 2019. Dan KPU Katingan sudah membuka posko Gerakan Melindungi Hak Pilih ( GMHP) di 162 desa dan kelurahan serta psoko mobile untuk melakukan pengecekan data diri apakah masyarakat sudah terdaftar sebagai pemilih untuk Pemilu 2019.

    “Kami mengajak seluruh pemuda-pemudi, masyarakat serta pihak terkait lainnya diharapkan selama pelaksanaan tahapan Pemilu, hingga penyoblolsan nanti agar menjauhi penyebaran berita Hoax, tindakan kekerasan maupun hal lainya. Kenali calon-calin pemimpin dengan memahami visi misi mereka,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    (Visited 6 times, 1 visits today)