Harga Emas Perhiasan di Sampit Tembus Rp600 Ribu per Gram

    SAMPIT – Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar kembali mempengaruhi nilai jual emas perhiasan. Di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), kenaikan harga ini membuat emas perhiasan kadar 99 atau dikenal dengan sebutan emas Amerika dijual Rp600 ribu per gram.

    “Sudah sepekan semua jenis emas mengalami kenaikan 5 ribu hingga 10 ribu rupiah pergram,” kata Darsani, pedagang emas di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, Kamis (24/10/2018).

    Menurut owner toko emas Mitra Baru ini, diawal bulan Oktober lalu emas blok (lantakan) masih dijual Rp585 ribu, naik Rp10 ribu dan kini dijual Rp595 ribu per gram. Demikian juga dengan emas perhiasan kadar 99 (emas amerika) dan kadar 750 (emas putih).“Emas Blok, emas amerika dan emas putih naik, masing-masing naik 10 ribu rupiah pergramnya. Sekarang Emas Blok kami jual Rp595 ribu, emas amerika Rp600 ribu, sedangkan emas putih Rp535 ribu pergram,” terangnya.

    Sementara itu, untuk emas perhisan kadar 700 (emas singapura). kadar 420 dan kadar 375, masing-masing mengalami kenaikan 5 ribu rupiah pergram dari harga sebelumnya.

    Dari pantauan beritasampit.co.id, meski mengalami kenaikan harga,tapi aksi jual beli emas di pasar tradisional PPM Sampit tetap ramai. Hal ini terlihat dibeberapa toko emas dikawasan tersebut dipenuhi pecinta logam mulia ini.

    Minat pelanggan toko emas inipun beragam. Seperti halnya Masnah (40) salah seorang pembeli saat dijumpai beritasampit.co.id, mengatakan dirinya tetap membeli perhiasan meski harganya tinggi dengan alas an untuk investasi.“Hampir setiap tahun saya sisihkan untuk beli emas. Kalo dilihat dari harga saya yakin harganya akan terus meningkat, sebab dari tahun lalu hingga tahun ini selisihnya hampir Rp.30 ribu pergramnya, sekarang aja selisihnya sudah Rp40 ribu/pergram dari tahun lalu,” ujarnya.

    Karyawati perusahaan swasta ini dengan rinci menerangkan, jika dua tahun sebelumnya harga emas amerika Rp530 ribu per gram, tahun berikutnya menjadi Rp560 per gram.

    Sementara saat ini harga emas amerika sudah berada dilevel Rp.600 ribu/gram. “Kalo dihitung-hitung investasi emas inikan menguntungkan, selain untuk perhiasan diri juga untuk persiapan jika ada keperluan mendesak,” imbuhnya.

    Berikut harga emas blok dan emas perhiasan di kota Sampit, per 24 Oktober 2018 :

    Emas Blok (lantakan) Rp595 ribu per gram.

    Emas perhiasan kadar 999 (emas amerika) Rp600 ribu per gram.

    Emas perhiasan kadar 750 (emas putih) Rp535 ribu per gram.

    Emas perhiasan kadar 700 (emas singapura) Rp475 ribu per gram.

    Emas perhiasan kadar 420 Rp300 ribu per gram.

    Emas perhiasan kadar 375 Rp275 ribu per gram.

    (jun/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan

    Previous articleKodim 1201/Mph Rehab Rumah Korban Bencana Angin Puting Beliung
    Next articleHadirkan Mantan KSAL, UPR Gelar Kuliah Umum Kemaritiman