Kotim Tuan Rumah Peringatan Sumpah Pemuda Tingkat Provinsi

    SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) merupakan tuan rumah Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke- 90 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2018.

    Puncak peringatan yang digelar tanggal 28 Oktober mendatang ini akan diikuti sekitar 1.500 pemuda se Kalteng.

    “Sedikitnya 1500 pemuda akan mengadiri peringatan tersebut. Mereka adalah perwakilan pemuda dari 13 kabupaten dan 1 kota se Kalteng,” ungkap Kaspul Bahri, Kepala Badan (Kesbangpol) Kotim yang juga sekretaris kegiatan saat dibincangi beritasampit.co.id, Rabu (24/10/2018).

    Dengan ditunjuknya Kotim sebagai tuan rumah Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 90 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa, yang rencananya Gubernur Kalteng Sugianto Sabran akan bertindak sebagai pembina upacara, lanjut Kaspul, panitia pelaksana telah mempersiapkan serangkaian kegiatan, diantaranya senam massal dan pertandingan olahraga, lounching laboratorium inovasi Pemkab Kotim, serta pencerahan kebangsaan.

    Mengenai persiapan pelaksanaan kegiatan, menurut Kaspul, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan panitia provinsi, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) baik provinsi maupun kabupaten, Dinas Pemuda dan Olahraga dan pihak-pihak terkait seperti FKPD yang akan terlibat.

    “Persiapan sudah mencapai 95 persen. Saat ini kami terus melakukan koordinasi dengan seluruh panitia,” ucapnya.

    Diterangkannya, kegiatan dimulai tanggal 26-28 Oktober. Diawali dengan check in peserta pada tanggal 26 Oktober. Kemudian pada tanggal 27 Oktober dari pagi hingga siang hari digelar senam bersama dan pertandingan olahraga persahabatan antar pemuda peserta dari kabupaten/kota, dilanjutkan Pencerahan Kebangsaan dan Renungan Kebangsaan, serta Lounching Laboratorium Inovasi Pemkab Kotim pada malam harinya.

    “Pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda yang akan dilaksanakan di Stadion 29 November Sampit nanti juga akan dilakukan penandatanganan prasasti Ikrar Anak Bangsa, serta pembubuhan tandatangan komitmen bersama Bersatu Untuk Kalteng Berkah diatas bentangan kain putih sepanjang 90 meter,” tutupnya.

    (jun/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan