Musim Hujan, Saluran Drainase Perlu Diperhatikan

    KUALA PEMBUANG – Beberapa hari ini Kota Kuala Pembuang diguyur hujan, oleh karenanya saluran drainase perlu diperhatikan agar air parit mengalir lancar. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Bejo Riyanto mengatakan kebersihan saluran drainase sangat penting, agar agar apabila saat turun hujan, maka air hujan tidak akan tersumbat.

    Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menambahkan jika drainase tersumbat, maka akan mengakibatkan banyaknya sampah yang menumpuk dan pada akhirnya, air drainase tidak mengalir hingga meluap ke badan jalan. “Itulah pentingnya agar saluran drainase selalu diperhatikan kebersihannya dari sampah-sampah yang dibuang di sembarang tempat yang dapat menyumbat air yang mengalir pada saluran drainase tersebut,” ujarnya.

    Disamping itu lanjutnya, dengan selalu memperhatikan saluran drainase agar tetap bersih, maka selain terhindar dari meluapnya air hujan ke badan jalan, juga terhindar dari tempat bersarangnya berbagai bibit kuman penyakit. Seperti bibit nyamuk Demam Berdarah maupun bibit penyakit lainnya. “Untuk itu kita harapkan agar saluran drainase yang ada khususnya di dalam kota Kuala Pembuang agar tetap terjaga dengan baik dan selalu diperhatikan kebersihannya”, harapnya.

    Oleh karena itu imbuhnya, dirinya menghimbau kepada pemerintah daerah setempat melalui dinas atau instansi terkait, agar dapat selalu menjaga kebersihan saluran drainase. Hal ini agar terhindar dari berbagai dampak negatif di kemudian harinya, seperti banjir, tempat bersarangnya bibit penyakit dan sebagainya. “Mari kita jaga kebersihan saluran drainase agar tetap bersih dari sampah-sampah yang dapat menyumbat saluran drainase tersebut”, tandasnya.

    (sti/beritasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)