R. Aria Wiriaatmadja, Pahlawan Perbankan Yang Terlupakan

    Museum Bank Rakyat Indonesia

    Museum BRI terletak di jalan Jendral Sudirman, Purwokerto, bersebelahan dengan Kantor unit BRI cabang Wiryaatmadja. Museum ini diresmikan oleh Kamardy Arief, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia pada tanggal 19 Desember 1990. Didirikan di Purwokerto karena di kota inilah cikal bakal BRI didirikan oleh Patih R Aria Wiriaatmadja

    Ketika masuk ke dalam museum, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisi buku tamu. Untuk masuk, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Yang menyambut kita pertama kali adalah patung Kurewa yang menurut kepercayaan Hindu merupakan Dewa Kemakmuran.

    Tampak muka,museum BRI Purwokerto

    Di dalam museum ini kita juga bisa melihat berbagai jenis uang baik uang logam maupun kertas. Yang pertama adalah uang dobog dari jaman Majapahit, juga uang logam dari jaman VOC, uang kertas dari jaman Jepang, dan juga uang dari jaman kemerdekaan.

    Di bagian lain kita bisa melihat bermacam-macam mesin yang digunakan baik mesin tik, mesin cek, brankas, dan juga telpon dan mesin hitung. Semuanya sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi. Di pojok ruangan juga terdapat sebuah perpustakaan kecil yang berisi buku-buku tentang perbankan dan juga umum.

    Diorama Transaksi Perbankan

    Kunjungan ke museum BRI ini memang memberikan nuansa lain dari ke kunjungan ke museum yang lain. Kita jadi sedikit lebih mengenal sejarah bank pemerintah tertua di Indonesia sekaligus mengetahui tokoh yang patut dinobatkan sebagai pahlawan perbankan yaitu Raden Arja Wirjaatmadja.

    Kalau anda kebetulan ada di Purwokerto, jangan lupa mampir ke Museum BRI!

    (Agung/BeritaSampit.co.id)