10 Gaya Hidup Sehat yang Sudah Tidak Banyak Dilakukan Orang

    BS.LIFESTYLE- Kamu pasti sering mendengar kalimat mencegah lebih baik daripada mengobati. Nah sebelum kita sakit sebaiknya kita mencegah dengan menerapkan 10 gaya hidup sehat.

    Dilansir dari idntimes.com, berikut ini adalah beberapa gaya hidup sehat yang sudah tidak banyak dilakukan;

    1. Tidurlah setidaknya 8 jam

    Kita pasti tahu jika ada banyak ulasan atau penelitian yang mengatakan bahwa tidurlah setidaknya 8 jam sehari. Karena dengan kita tidur 8 jam sehari detokfikasi dalam tubuh itu akan jauh lebih sempurna. Namun, masalahnya banyak orang yang mungkin merasa tidak memiliki cukup waktu untuk bisa tidur 8 jam sehari.

    Bisa jadi karena tuntutan pekerjaan, tugas segudang yang tak kunjung selesai, banyak pikiran, insomnia dan penyebab lainnya. Seperti orang-orang di Jepang sana, mereka hanya tidur sekitar 2-4 jam. Karena apa? Karena tuntutan kerja dan sekolah yang sangat tinggi di sana.

    2. Jangan lupa sarapan pagi!

    Sarapan pagi merupakan hal yang sangat penting dalam mengawali pagi hari. Karena di pagi hari kamu pasti membutuhkan energi lebih untuk melakukan aktivitasmu. Namun, kenyataannya banyak orang yang mengabaikan hal ini. Banyak orang yang menyekip sarapan paginya. Dengan berbagai alasan pastinya, seperti tidak adanya waktu, tidak sempat membuat sarapan, harus ke kantor atau sekolah lebih pagi dan lainnya. Namun, kita perlu tahu bahwa tidak sarapan pagi akan menimbulkan berbagai penyakit.

    3. Lakukan jogging pagi setiap bangun tidur

    Sarapan pagi saja jarang apalagi jogging pagi. Waktu pagi adalah waktunya paling tepat untuk mu jika ingin berolahraga. Karena dengan berolahraga tubuh mu akan merasa lebih bugar dan otomatis kamu akan merasa lebih berkualitas dalam memulai hari. Namun, bisa dikatakan hanya sekian persen saja dari orang-orang yang melakukannya. Tentunya dengan berbagai alasan yang membuat mereka tidak bisa melakukan. Salah satunya jika harus berangkat kerja atau sekolah pagi. Jam untuk jogging jadi dilupakan.

    4. Hindari makan makanan manis

    Terlalu banyak makan makanan manis memang tidak baik bagi kesehatan tubuhmu. Sesekali mengonsumsi dan masih dalam batas normal tidak apa-apa. Namun, jika sudah berlebihan dengan kadar yang tidak wajar disitu yang menjadi masalah,. Kita semua tahu bahwa makan makanan manis itu tidaklah baik. Namun, kita masih saja seiring melakukannya. Baik secara sengaja maupun tidak.

    5. Olahraga lah sesering mungkin

    Tapi jangan olahraga sampai tenagamu habis. Karena semakin keras kamu memaksa dirimu untuk berolahraga dalam kadar yang berlebihan. Bukan kesehatan yang akan kamu dapatkan melainkan penyakit. Olahraga lah setidaknya 30 menit sehari, tidak harus langsung dua jam sehari jika mau masih dalam tahap awal-awal. Baru seiring dengan berjalannya waktu silahkan tambah jam olahraga mu sesuai denggan kemampuan mu.

    6. Tidak minum air putih sebelum makan

    Ada yang mengatakan bahwa bangun tidur setidaknya minumlah air putih terlebih dahulu. Baru setelah minum, jika kamu ingin makan silahkan saja. Karena sebenarnya tubuh tidak bisa langsung menerima makan makanan yang berat apalagi seperti setelah bangun tidur. Untuk menetralkan setidaknya minumlah segelas air putih terlebih dahulu. Jangan langsung makan dan lupa minum.

    7. Makan makanan yang seimbang

    Pernah nggak setelah makan nasi dengan segenap lauk pauknya, kamu nambah lagi makan yang lain misalnya gorengan atau cemilan. Terus seperti itu dan berulang kali kamu lakukan. Jika kamu kerap melakukannya tolong hentikan kebiasaan itu. Memang awalnya akan terasa enak dan tidak masalah. Namun, bisa jadi sebulan setelah itu berat badanmu tiba-tiba saja naik drastis dengan perut yang sudah tergelambir karena penumpukan lemak yang berlebihan.

    8. Gosok gigi setiap kali habis makan

    Orang sering kali abai dalam menjaga kesehatan gigi. Gosok gigi setelah sebelum tidur saja belum tentu dilakukan, apalagi setelah makan. Yang dimana makan itu umumnya tiga kali sehari. Mengapa harus menggosok gigi setelah makan? Supaya gigi dan mulut mu tetap bersih dari sisa-sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi mu. Selipan sisa makanan itu bisa menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

    9. Katakan tidak pada junkfood

    Kalau yang satu ini sepertinya banyak orang yang sulit mengatakan tidak. Junkfood yang memang tersebar dimana-mana sering menjadi pilihan makan orang-orang karena cepat dalam penyajiannya dan praktis. Iya memang, namun efek samping dari makanan itu jauh lebih berbahaya ketimbang dengan rasa enak dan praktisnya tadi. Jika kamu memang suka dengan junkfood, setidaknya kamu mempunyai kontrol diri terhadap itu.

    10. Minum air putih setidaknya 8 gelas perhari

    Minum air putih yang sudah berulang kali diulas diberbagai artikel kesehatan mengatakan setidaknya seseorang musti minum 8 gelas perhari. Namun, kenyataannya ternyata hanya sedikit orang yang melakukannya. Bahkan ada yang hanya minum 2 gelas perhari atau kurang. Ini bisa menjadi sumber penyakit jika kamu tidak bisa memaksa dirimu untuk disiplin minum air putih.

    Dari 10 aturan di atas, mana yang paling sering kamu langgar?

    (net/gra/beritasampit.co.id)