Maju Ketua KONI Kapuas, Junaedi Gaol : ASN Jangan Ikut Campur

    KUALA KAPUAS – Sejumlah nama bermunculan untuk maju menjadi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kapuas.

    Setelah sebelumnya Ketua Pengurus Cabang Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) Kapuas H A Subriansyah terang-terangan menyatakan siap maju menjadi Ketua KONI Kapuas. Kini Junaedi Gaol.

    Junaedi Gaol maju menjadi pimpinan organisasi induk olahraga tersebut bertujuan untuk memajukan olahraga di Kabupateb Kapuas.

    “Kita ingin agar dunia olahraga dikelola oleh manjemen profesional. Kita minta bukan titipan-titipan, bukan hadiah tim kampanye. Kita berharap Pemkab Kapuas jangan lakukan intervensi,” tegasnya Rabu (31/10/2018).

    Ditanya apakah sudah ada indikasi titipan itu? “Tidak usah kita sebutlah,” jawabnya.

    Tetapi dia berharap untuk kemajuan olahraga ke depan tidak lagi seperti itu. Kemudian adanya informasi ASN juga mau mencalon, dirinya meminta ASN profesional saja dengan tugasnya.

    “Pegawai sudah terikat tugas, untuk kemajuan olahraga harus diurus oleh orang yang siap siang dan malam, ASN tidak usah ikut campur,” ucapnya.

    Karena, sambung Junaedi, selain kekwatiran rangkap jabatan yang membuat tidak maksimal dalam bekerja, adanya kabar pencalonan Ketua KONI dari kalangan ASN juga bertentangan dengan aturan.

    “(Bertentangan), selain undang-undang tentang sistem keolahragaan nasional dan peraturan pemerintah,” katanya.

    Seperti diketahui, larangan rangkap jabatan kepala daerah/wakil kepala daerah, pejabat publik, anggota DPRD, DPR RI maupun PNS/ASN di kepengurusan KONI, juga dipertegas dengan surat edaran Mendagri Nomor: 800/2398/SJ tanggal 26 Juni 2011.

    (irfan/beritasampit.co.id)