Kemunculan Buaya Kuning Resahkan Warga Jaya Makmur

    KASONGAN – Warga Desa Jaya Makmur, Kecamatan Katingan Kuala dan sekitarnya diresahkan dengan kemunculan sesosok Buaya yang berkeliaran di sekitar sungai trans Katingan Satu.

    Buaya yang diperkirakan memiliki panjang kurang lebih 4 meter itu terlihat berwarna kekuning-kuningan dan sering terlihat saat air sedang surut. Demikian diungkapkan salah satu warga Desa Jaya Makmur, Muklis Irawanto, Sabtu (3/11/2018).

    Ia menerangkan ini berdasarkan keterangan budenya (Tante) yang melihat langsung buaya tersebut saat sering bolak balik menggunakan Kelotok (alat transportasi air) untuk mengangkut sayur untuk berjualan di Pegatan Kecamatan Katingan Kuala.

    Menurutnya, keberadaan buaya yang cukup panjang itu membuat warga saat ini menjadi resah dan takut untuk melakukan aktivitas di sungai. Padahal sungai merupakan salah satu sarana penting bagi warga untuk melakukan aktivitas seperti mandi, mencuci dan beberapa aktivitas lainnya.

    Ia berharap, keberadaan buaya yang saat ini sering terlihat warga di sungai itu cepat diambil tindakan oleh pihak terkait. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    “Jangan sampai buaya ini memakan korban terlebih dahulu baru ada tindakan,” terang Muklis.

    Menyikapi itu, Kepala Desa Jaya Makmur, Ahmad Wahyudi membenarkan bahwa warganya sering melihat sesosok buaya yang cukup besar di sekitar sungai trans Katingan satu. Bahkan menurutnya, tidak hanya satu, warga lainnya yang mengaku melihat ada beberapa buaya.

    “Kami sudah melakukan himbauan langsung kepada warga kami melalui surat himbauan untuk berhati-hati melakukan aktivitas di sungai,” terang Ahmad Wahyudi.

    Ia menambahkan, kemunculan buaya itu juga tidak hanya di desa Jaya Makmur tapi berdasarkan informasi yang didapatkannya juga terlihat ada buaya di sungai Singam Raya.

    Kades ini berharap pihak terkait cepat turun tangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap warganya.

    (Maulana.Kawit/Beritasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)