Gubernur Jatim Dukung Palangka Raya Sebagai Ibu Kota Negara RI, Ini Alasannya?

317
Foto: APR/BS - Gubernur Jatim dan Gubernur Kalteng saat menabuh katambung tanda dimulainya Pra Rakernas APPSI yang digelar di Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Gubernur Provinsi Jawa Timur yang juga merupakan Ketua APPSI (Asosiasi Pemerintah Provinsi Se Indonesia), H Soekarwo mengatakan bahwa dia mendukung Kota Palangka Raya sebagai ibu kota Republik Indonesia (RI).

Hal tersebut dia sampaikan disela-sela kegiatan Pra Rakernas (Rakernas) APPSI yang diselenggarakan mulai dari 7 – 9 November 2018 di Hotel Swissbell, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Pria yang juga akrab disapa Pakde Karwo ini mengatakan ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya layak menjadi ibu kota RI diantaranya adalah dari segi keamanan.

Baca Juga:   Wapres dan Petinggi PDIP Akan Menghadiri Pesta Rakyat Pernikahan Gubernur Kalteng

“Pulau Kalimantan menurut para ahli tidak ada potensi bencana alam seperti gempa bumi, jadi ya dapat dikatakan aman lah,” ucapnya kepada para awak media. Rabu, 07/11/2018 tadi malam.

Selain itu dia menambahkan bahwa secara geografis Palangka Raya berada ditengah-tengah Indonesia sehingga proses distribusi akan relatif mudah untuk ke daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Kemudian yang terakhir adalah bahwa Palangka Raya posisinya tidak terlalu dekat dengan laut namun berada disamping sungai yakni sungai Kahayan dimana jika dilihat dari kota-kota di dunia bahwa banyak kota yang berada ditepian sungai sehingga hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan bahwa Palangka Raya layak dijadikan sebagai ibu kota RI.

Baca Juga:   ​Ketua Karang Taruna Kalteng Sampaikan Rencana Program Ke Dinas Sosial

Sementara itu Pra Rakernas yang dilaksanakan kali ini akan membawa beberapa isu lainnya diantaranya kerjasama antar Provinsi dalam berbagai bidang hingga usulan terkait dengan revisi regulasi – regulasi menyangkut pemerintahan.

(apr/beritasampit.co.id)

EDITOR : MAULANA KAWIT

Komentar Facebook

comments