Media Massa Diminta Secara Partisipatif Mengawas Pemilu 2019

    Editor: A Uga Gara

    PALANGKA RAYA – Dalam rangka meningkatkan pengawasan partisipatif khususnya menjelang pemilu legislatif dan pilpres 2019 Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Provinsi Kalimantan Tengah mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengawasi berbagai proses dan pelaksanaan pemilu tersebut, termasuk media massa cetak dan elektronik untuk bisa berperan lebih aktif.

    “Kami menyadari bahwa pelaksanaan pemilu 2019 untuk pertama kalinya serentak dilaksanakan dan prosesnya pun panjang sehingga peran media massa dalam pengawasan tersebut tentu sangat diharapkan” ucap Ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi dalam Media Gathering di Ruang Pertemuan kantor setempat, Kamis (15/11/2018).

    Dia menambahkan bahwa tujuan lain dari pengawasan oleh media massa adalah sebagai kontrol sosial masyarakat yang memberikan informasi kepada publik terkait dengan aktivitas pemilu.

    Sementara itu dengan adanya pengawasan partisipasif dari media diharapkan dapat membantu memastikan pemilu dapat berjalan dengan ketentuan perundang-undangan serta ikut mencegah terjadinya pelanggaran – pelanggaran pemilu sesuai dengan perannya masing-masing.

    Ajakan melakukan pengawasan partisipatif juga sejalan dengan seruan yang disampaikan oleh Dewan Pers beberapa waktu yang lalu yakni pers harus menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial secara profesional.

    (apr/beritasampit.co.id)