Pelanggar Lalin di Kotim Tiap Tahun Meningkat, Tahun Ini 1.258 Pelanggar Terjaring

    Editor: A Uga Gara

    SAMPIT — Selama 14 hari digelarnya Operasi Zebra Telabang 2018 di wilayah hukum Polres Kotim, terdapat 1.258 pelanggar lalu lintas (Lalin) yang terjaring.

    “Dihitung dari awal kami memulai operasi tanggal 30 Oktober s/d 14 November 2018 terdapat sejumlah 1.258 penilangan yang dilakukan,” ucap Kasat Lantas AKP Yudha Setiawan mewakili Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel, Kamis (15/11/2018).

    Dikatakan AKP Yudha, pelangaran sebanyak 1.258 tersebut terdiri dari pelanggaran helm 302 pengendara, pelanggaran sabuk pengaman 256 pengendara, pengendara dibawah umur 34 orang, menggunakan Handphone 3 pengendara dan melawan arus 663 pengendara.

    Ketika ditanya apakah ada peningkatan data operasi zebra tahun 2018 dibandingkan dengan tahun 2017, Yudha sapaan akrab polisi berpangkat AKP ini menjelaskan, setiap tahun pasti ada peningkatan dikarenakan adanya pertambahan jumlah penduduk dan kendaraan.

    “Ya, setiap tahun pasti meningkat sesuai dengan pertambahan jumlah penduduk dan kendaraan,” singkat Yudha.

    Dirinya pun berharap. Dengan selesainya operasi zebra tahun 2018, seluruh pengguna ranmor di Kotim tetap bisa tertib berlalu lintas baik dalam surat-menyurat, kelengkapan kendaraan maupun mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Dengan begitu nanti saat natal dan tahun baru tidak ada kecelakaan yang terjadi di bumi habaring hurung.

    “Karena tidak ada pelanggaran yang bersifat fatal karna masyarakat sudah patuh dan tertib berlalu lintas, perlu diketahui kecelakaan berawal dari adanya pelanggaran di jalan. Stop pelanggaran stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan,” tutup AKP Yudha.

    (im/beritasampit.co.id).

    (Visited 1 times, 1 visits today)