Puluhan Ormas Di Kotim Dapat Pembinaan, Ini Yang Dilakukan Kantor Badan Kesbangpol

    SAMPIT – Puluhan Organisasi Kemasyarakatan (ormas) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ikuti pembinaan dalam rangka sosialisasi peraturan perundangan bidang ormas, yang digagas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Gedung GOW Sampit. Kamis (15/11/2018).

    Acara ini menghadirkan Kepala Sub Direktorat Kemitraan Dan Pemberdayaan Ormas Direktorat Ormas Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Prayogo Heri Cahyono, sebagai narasumber.

    “Organisasi Kemasyarakatan di Kotim perlu menjalin kemitraan yang baik dengan pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Untuk itu ormas dituntut selalu menjaga dan memelihara keamanan dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nur Aswan, mewakili Bupati Kotim saat membuka kegiatan tersebut.

    Dirinya meyakini, bahwa pengurus omas di Kotim diharap tetap setia menjaga dan memelihara suasana keharmonisan di tengah-tengah masyarakat. Terlebih masyarakat Kotim yang sangat kental dengan hubungan kekerabatan yang diaktualisasikan melalui Motto kabupaten Kotim, Habaring Hurung yang berarti Gotong Royong dengan misi dan visi Bergerak Cepat Membangun Kotim Berkah.

    “Seiring dengan perkembangan jaman, organisasi kemasyarakatan terutama di Kotim perlu menjalin kemitraan yang baik dengan pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan masyaraka. Juga dituntut untuk tetap menjaga dan memelihara keamanan dalam kehidupan bermasyarakat,” katanya.

    Sekretaris Badan Kesbangpol Kotim Yuri Setia Budi, saat dijumpai beritasampit.co.id, mengatakan, pembinaan dan sosialisasi ormas ini diikuti 90 orang peserta dari organisasi kemasyarakatan se Kotim. Dari 53 ormas yang terdata, baru 15 ormas yang telah melaporkan keberadaannya ke Badan Kesbangpol Kotim melalui keputusan Kemenhukam Republik Indonesia, baik yang berbentuk yayasan maupun perkumpulan.

    “Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kinerja ormas yang baik untuk mendukung pembangunan nasional, khususnya di Kotim, dan memperteguh kebhinekaan serta memperkuat restorasi sosial,” tuturnya.

    Sosialisasi dan Pembinaan yang dihadiri perwakilan dari Polres Kotim dan Kodim 1015 Sampit, diisi dengan penyampaian materi oleh nara sumber tentang Arah Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Keormasan.

    (jun/Berita Sampit)

    EDITOR : MAULANA KAWIT