Muhammad Yamin Pimpin Apel Akbar Peringati Milad Muhammadiyah ke-109 di Kotim

    SAMPIT – Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Kalimantan Tengah (Kalteng), Muhammad Yamin Mukhtar, menghadiri apel besar dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-109, yang dipusatkan di lapangan Padat Karya Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

    Selain menjadi inspektur upacara pada apel besar tersebut, kehadiran PW Muhammadiyah Kalteng ini sekaligus membuka kemah bhakti Muhammadiyah, yang dihadiri jajaran Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kotim, PD Aisyiyah Kotim, Organisasi Otonom, amal usaha Muhammadiyah (SD, SMP, SMA/SMK hingga perguruan tinggi), baik guru, murid dan mahasiswa.

    Dalam amanatnya, Ketua PW Muhammadiyah Kalteng menyampaikan, bahwa Muhammadiyah merupakan aset besar bangsa Indonesia yang secara aktif memberi kontribusi positif guna tegaknya NKRI.

    “Diusianya yang ke-109 ini, Muhammadiyah harus kian eksis dan semakin nyata perannya di tengah masyarakat dan di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

    Selain persoalan kehidupan berbangsa dan bernegara, dirinya berharap Muhammadiyah khususnya di Kotim, juga semakin memperteguh eksistensinya dan semakin memberikan manfaat nyata dan ikut bertanggungjawab mewujudkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin, yang menjadi tugas pokok Muhammadiyah.

    Gerakan Islam berkemajuan sebagaimana visi persyarikatan Muhammadiyah adalah upaya dan semangat untuk membangkitkan umat Islam menjadi umat yang terbaik, umat yang tidak besar hanya dalam bilangan. Tapi besar dalam mutu dan kualitas.

    “Islam yang berkemajuan adalah visi keislaman persyarikatan Muhammadiyah, menggerakkan kehidupan umat dan bangsa agar terus berpacu menjadi lebih baik dan senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan (Fastabiqul Khairat),” katanya.

    Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan pengukuhan pengurus Hizbul Wathan (HW/Gerakan Kepanduan Muhammadiyah) Kotim periode 2018-2021 oleh PD Muhammadiyah Kotim.

    Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana, Khilmi Zuhroni mengatakan, pada pelaksanaan kemah bhakti Muhammadiyah juga diisi dengan penyampaian materi ke-Muhammadiyahan, karakter pendidikan dan pengenalan ortom oleh PW Muhammadiyah Kalteng. Sedangkan materi kepanduan HW disampaikan oleh Kwarwil HW Kalteng kepada peserta utama.

    “Peserta utama kegiatan ini adalah unsure pimpinan Muhammadiyah, AUM, Ortom dan Mahasiswa Muhammadiyah. Sementara untuk peserta pendamping yang terdiri dari siswa utusan sekolah Muhammadiyah kami libatkan dalam lomba dan permainan disela-sela kegiatan perkemahan. Sebelum penutupan nantinya kami juga akan melaksanakan bhakti sosial berupa santunan kepada kaum duafa,” tutupnya.

    (jun/beritasampit.co.id)