Rahmat Nasution Hamka Serahkan 10 Alat Mesin Pertanian Untuk Kelompok Tani di Kotim

    SAMPIT – Anggota Komisi V DPR RI, Dr H Rahmat Nasution Hamka, SH, M.Pi,menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

    Penyerahan tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian Kotim dan disaksikan Kepala Dinas Pertanian Kotim, I Made Dikantara, serta Kepala Desa Parebok, Agus Salim, dan diterima langsung oleh sepuluh perwakilan Poktan.

    “Bantuan ini saya serahkan, agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan dipelihara serta menggunakan hand, traktor ini untuk kepentingan kelompok tani dalam hal cetak sawah atau peningkatan produktifitas pertanian,” kata Hamka, Senin (19/11/2018).

    Anggota Komisi V DPR RI itu berharap poktan yang mendapat bantuan alsintan dapat lebih giat lagi dalam mengelola lahan pertaniannya. Sebab setiap poktan yang mendapat bantuan nantinya akan di data agar pengawasan terhadap alsintan yang diserahkan melalui aspirasi dapat dievaluasi.

    10 Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang diserahkan Anggota Komisi V DPR RI, Dr H Rahmat Nasution Hamka, SH, M Pi melalui Program Bantuan Pemerintah.
    10 Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang diserahkan Anggota Komisi V DPR RI, Dr H Rahmat Nasution Hamka, SH, M Pi melalui Program Bantuan Pemerintah.

    Bantuan yang bersumber dari dana aspirasi DPR RI ini, lanjutnya, bertujuan untuk menyediakan sarana dan prasarana dalam mendukung mekanisme pertanian serta pendorong optimalisasi sumber daya lahan yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian, memberdayakan kelembagaan petani dan ekonomi pedesaan untuk pengembangan kegiatan usaha tani serta kesejahteraan petani.

    “Saya juga berharap adanya masukan dari para petani untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan, agar aspirasi dari para petani ini dapat diperjuangkan ke pusat. Aspirasi ini tentunya untuk meningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani,” imbuhnya.

    Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kotim, I Made Dikantara mengatakan, sangat berterimakasih atas bantuan aspirasi dari anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kalteng, Rahmad Hamka yang peduli terhadap kelompok tani di Kalteng khususnya Kabupaten Kotim dalam hal program cetak sawah sesuai program pemerintah pusat.

    Menurut Made, sebelumnya Pemkab Kotim melalui Dinas Pertanian bersama DPR RI telah beberapa kali memberikan bantuan alat dan mesin pertanian. Penyerahan alsintan ini diharapkan mempercepat pengolahan tanah pertanian di Kotim.

    “Kami dari dinas pertanian sangat mengapresiasi perhatian anggota dewan yang ada di pusat. Tentunya dengan adanya bantuan aspirasi dari pemerintah pusat berupa alsintan ini akan menjadi pemacu petani untuk meningkatan produksi padi yang kita harapkan bersama Kotim menjadi salah satu kabupaten swasembada beras di Kalteng,” ungkapnya.

    Sementara itu, Kepala Desa Parebok, Agus Salim, mengatakan bahwa bantuan alsintan ini sangat berguna untuk para petani di wilayahnya. Menurutnya, saat ini terdapat 1.600 hektar lahan pertanian diwilayah yang dikelola oleh 20 kelompok tani (poktan). Sedangkan mengenai hasil gabah kering yang dihasilkan, diterangkan dalam sekali panen per hektar sawah dapat menghasilkan 3,5 hingga 5 ton.

    “Atas nama petani kami sangat mengapresi usaha bapak Rahmat Hamka dalam mengawal bantuan alsintan hingga ketangan petani. Bantuan alsintan ini tentu sangat berguna untuk para petani,” pungkasnya.

    (jun/beritasampit)

    EDITOR : MAULANA KAWIT