Sempat Menguat Kini Melempem, Dolar AS Pagi Ini Rp 14.579

    JAKARTA -Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sempat menguat. Namun hari ini, nilai tukar rupiah kembali melemah.

    Data perdagangan RTI, Jumat (16/11/2018), nilai tukar rupiah bergerak di level Rp 14.595 dan Rp 14.665 per dolar AS.

    Dilansir dari detikfinance, Senin (19/11/2018) nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah hari ini pagi ini kembali melemah. Nilai tukar dolar AS di awal pekan ini berada di level Rp 14.579.

    Mengutip data Reuters, Senin (19/11/2018), nilai tukar dolar AS terhadap rupiah hari ini bergerak di level Rp 14.565-14.590. Nilai ini masih di bawah nilai tukar pada akhir pekan lalu yang bergerak di level bergerak di level Rp 14.595-14.665.

    November tahun ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mengalami pergerakan yang sangat cepat. Sempat tertekan, rupiah kembali menguat, lalu melemah lagi hingga akhirnya kembali menguat pada akhir pekan kemarin hingga hari ini.

    Ekonom Indef Bhima Yudhistira Adhinegara menjelaskan penguatan ini merupakan respons pasar atas kebijakan Bank Indonesia (BI) yang kemarin menaikkan bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 6%.

    “Kebijakan BI menaikkan bunga acuan 25 bps jadi 6% diapresiasi pasar menunjukkan bahwa BI sangat premptive terhadap rencana naiknya Fed rate bulan Desember,” kata Bhima.

    Sementara itu Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah menjelaskan penguatan rupiah melanjutkan penguatan hari kemarin.

    Dia menjelaskan langkah BI yang menaikkan suku bunga kebijakan menjadi 6% juga menjadi pendorong menguatnya rupiah terhadap dolar AS.

    “Kuatnya sentimen positif ini tercermin dari derasnya arus modal asing yang masuk ke pasar sekunder SBN hari ini, yang mencapai Rp 2,8 triliun, setelah kemarin tercatat Rp 3,5 triliun,” kata Nanang.

    (net/gra/beritasampit.co.id)