Kemenkop Dorong Peningkatan Nilai Tambah Serat Kelapa Sawit Melalui Koperasi

    JAKARTA– Indonesia memiliki lahan perkebunan kelapa terluas di dunia. Pada 2015, luas areal 3,86 juta ha dengan produksi 2,92 juta ton. Namun 2016, menurun, dimana luas areal 3,57 juta ha dengan produksi 2,89 juta ton .

    “Harga jual serat kelapa harus menarik dan produksinya juga ditingkatkan melalui: intensifikasi, peremajaan, ekstensifikasi, serta melakukan pengolahan yang memberikan nilai tambah lebih supaya masyarakat tertarik memproduksi serat kelapa,” kata Deputi Restrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM Abdul Kadir Damanik, dalam acara FGD dengan tema “Pemanfaatan potensi serat kelapa untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kelembagaan koperasi dan sekaligus peningkatan perekonomian nasional di Jakarta, Senin (19/11/18).

    Untuk itu, Kemenkop dan UKM bekerjasama dengan PT Rekadaya Multi Adiprima (RMA) dalam memberdayakan koperasi di daerah penghasil kelapa, mengembangkan produksi serat kelapa. Saat ini PT RMA sudah menyiapkan 5 unit mesin pengolah serat kelapa menjadi coco fiber dan coco peat.

    Sebagai industri hilir, PT RMA, imbuh Damanik, telah merintis kerjasama dengan pihak KUD Bangkit Abadi dan KUD Setia Murni dalam hal pengolahan hilir proses sabut kelapa.

    Di daerah-daerah itu, kelapa yang awalnya harganya cuma Rp1.000/butir kini menjadi Rp1.700/butir.

    Acara ini dihadiri oleh sejumlah kementerian terkait seperti Kemenhut, Kementan, Kemendag, Kemenperin, Ristek, BKPM, kepala daerah, koperasi dan lain-lain.

    Sementara Farry Aditya Presdir PT Rekadaya Multi Adiprima Selaku Narasumber, mengatakan pihaknya akan pengembangan serat kelapa ini yang bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk Kemenkop dan UKM. “Awalnya kami hanya ada di Cibubur, Karawang dan Cikarang, namun setelah kami bekerjasama dengan para pihak, kini kami bisa mengembangkan ke daerah lain seperti Majalengka, Ciamis, Pangandaran, Sulawesi dan lain-lain,” kata Farry Aditya.

    Sebagai pilot projek di dalam pengembangan serat kelapa di Kab Ciamis dan Pangandaran, imbuh Farry, dengan asumsi pada 2019 akan melaunching green produk cocoboard.

    (net/beritasampit.co.id)