Masyarakat Diminta Berhati-Hati Pilih Obat

    KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Arita menjelaskan, seiring berjalannya waktu kehadiran produk obat maupun pangan yang baru terus alami peningkatan, sehingga diperlukan kewaspadaan agar konsumen tidak salah memilih.

    “Maka sudah menjadi tugas pemerintah kabupaten melalui dinas terkait untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang penggunaan obat dan pangan yang aman. Baik itu dari kadaluarsanya maupun bahan-bahan yang berbahaya,” ujarnya, Rabu (21/11/18).

    Politisi Partai Kesatuan Bangsa (PKB) itu mengatakan, Pemerintah harus melindungi masyarakat dari ancaman produk berbahaya, sesuai aturan yang berlaku dalam pemenuhan hak perlindungan konsumen.

    Pemenuhan hak ini diwujudkan melalui operasi pasar serta peningkatan pemahaman konsumen tentang obat dan pangan aman. Masyarakat juga sebagai konsumen dan produsen wajib mengetahui, bahan serta kandungan yang digunakan pada setiap produk yang dibeli.

    “Konsumen juga wajib berhati-hati dan tidak sembarangan membeli produk obat dan pangan. Jika tidak dan terlanjur menggunakan produk berbahaya, maka akan sangat merugikan diri sendiri,” ujarnya.

    Jika pengawasan oleh pemerintah melalui instansi terkait tidak dilakukan secara maksimal, maka potensi beredarnya produk berbahaya akan semakin tinggi. Tidak hanya produk yang beredar di pasar nyata, pengawasan juga harus diintensifkan terhadap transaksi jual beli produk di pasar online.

    Pengawasan secara berkelanjutan dengan skala waktu yang teratur juga harus dilakukan pemerintah, agar semua produk yang dijual oleh produsen dapat dipastikan keamanannya apabila digunakan atau dikonsumsi oleh masyarakat.

    “Semua harus seimbang, mulai dari pengawasan hingga peningkatan pengetahuan tentang produk yang aman untuk dikonsumsi. Pencegahan lebih baik daripada sudah terjadi”pungkasnya

    (rdi/beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT

    (Visited 1 times, 1 visits today)