TP PKK, Dekranasda dan GOW Katingan Harus Berperan Aktif Bantu Penuntasan Berbagai Program Pembangunan

    KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas secara resmi melantik dan mengukuhkan tiga organisasi di Kabupaten Katingan, di gedung Salawah Kasongan, Rabu (21/11/2018).

    Tiga organisasi ini yakni pengurus Tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Katingan masa bakti tahun 2018-2023.

    Dalam sambutnya, Bupati Katingan Sakariyas berharap organisasi TP-PKK, Dekranasda dan GOW Katingan yang baru dilantik, untuk dapat melanjutkan tugas mewujudkan visi-misi serta fokus kepada program-program yang telah ditetapkan sebagai upaya memajukan organisasi yang dinaungi.

    Selain itu, organisasi ini agar segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang akan dijalankan, pelajari aturan – aturan maupun hal-hal yang terkait dengan pedoman kerja.

    “Demikian pula, agar ketua TP PKK, Ketua Dekranasda dan GOW Katingan yang baru dapat menjadikan anggotanya sebagai elemen yang selalu hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pengetahuan, maupun keterampilan yang dimiliki kepada seluruh masyarakat. Hal ini, guna dalam upaya mendorong ‎peran aktif kader-kadernya untuk membantu pemerintah daerah memberdayakan masyarakat serta memajukan daearah kabupaten katingan,” ujar Sakariyas.

    Sakariyas menambahkan, bahwa Pemkab Katingan memandang ketiga organisasi tersebut, selama ini telah berkiprah secara optimal melaksanakan tugas dan fungsinya. Pasalnya, melalui beragam program dan kegiatan yang telah dilaksanakannya dengan bermuara pada peningkatan kesejahteraan keluarga serta masyarakat di daerah ini.

    Contohnya, dalam rangka memberdayakan keluarga di bidang pendidikan, keterampilan, mengatasi problem kesehatan ibu dan anak, dan meningkatkan ekonomi keluarga dalam rangka pengentasan kemiskinan dan sebagainya.

    “Maka, organisasi ini diharapkan agar dapat berperan aktif turut membantu dalam akslerasi penuntasan berbagai program pembangunan, sebagai upaya kita bersama untuk mewujudkan Katingan ‘Bermartabat’ yakni berbudaya, maju, religius, terintegrasi, berkesenambungan, maju dan terbuka,” pungkasnya.

    Sementara, Ketua TP PKK Katingam Daurwatie Sakariyas mangatakan, cara pelantikan dan pengukuhan pengurus TP PKK Katingan adalah sebagai tindak lanjut dari keputusan Bupati Katingan nomor 1060 tahun 2018 tentang pembentukan pengurus tim pengerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga masa bakti 2018-2023.

    Pasalnya, susunan anggota TP -PKK dan Dekranasda Katingan masa bakti tahun 2018-2023, terdapat perubahan anggota baru. Namun perubahan tersebut tidak melebihi 50 persen sebagaimana ketentuan yang ada.

    Sehingga pengurus lama masih banyak yang dipertahankan. “Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan efektifitas dan solidaritas organisasi untuk kelancaran pelaksanaan tugas demi peningkatan program PKK dan Dekranasda di katingan yang lebih baik,” singkatnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan

    (Visited 1 times, 1 visits today)