Sampah di Sukamara Capai Empat Ton Per Hari

    SUKAMARA – Setiap hari Kota Sukamara di Kabupaten Sukamara menghasilkan minimal 4 ton sampah. Banyaknya sampah tersebut membuat pemerintah setempat harus melakukan upaya agar sampah tidak menjadi masalah dimasa depan.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara Rendy Lesmana mengatakan, sampah memiliki dua sisi yaitu potensi dan masalah, dimana jika tidak ditangani dengan tepat akan menjadi masalah bagi Bumi Gawi Barinjam.

    “Satu sisi kalau sampah ini tidak dikelola dengan baik sampah ini akan menjadi masalah tapi disisi lain sampah ini juga potensi, karena itu pentingnya keberadaan TPS3R,” ujar Rendy usai peresmian Tempat Pengelolaan Sampah 3 R di Kelurahan Padang, Kamis (22/11/2018).

    Rendy mengatakan, dengan dibangunnya TPS 3R masyarakat akan terlayani untuk pengelolaan persampahan. Untuk penerimaan sampah TPS yang berkonsep mengelola sampah untuk kembali dimanfaatkan tersebut juga menerima sampah organik maupun anorganik.

    “Penerimaan sampah anorganik sangat luas layanannya, bahkan sampai pesisir pantai sudah ada yang setor botol plastik dan besi, dengan adanya pengelolaan TPS 3R diharapkan dapat mengurangi timbunan sampah baik organik maupun anorganik di TPA,” tukas Rendy.

    TPS 3R yang dibangun pemerintah tersebut merupakan sarana utama untuk mengurangi timbunan sampah rumah tangga di Kecamatan Sukamara dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan pemerintah dengan mengedepankan gotong royong.

    (enn/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan