Temu Usaha Kembangkan UMKM di Sukamara

    SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara mengharapkan agar pengusaha besar dapat menjadi bapak asuh bagi pengusaha kecil atau UMKM diwilayah tersebut. Hal itu terungkap diacara temu usaha yang digelar Dinas Penamaan Modal Perijinan Terpadu Satu pintu (PMPTSP) di Aula Kantor Bupati, Kamis (22/11/2018).

    “Dalam rangka pengembangan ekonomi kerakyatan, Pemerintah melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM dan Koperasi melalui program kemitraan, peningkatan daya saing, pemberian dorongan inovasi dan penyebarluasan informasi,” ujar Bupati Sukamara, Windu Subagio Saat membuka temu usaha.

    Menurut Windu, kemampuan masyarakat dari berbagai sektor ekonomi dan jenis usaha yang digeluti perlu ditingkatkan, pasalnya selama ini ekonomi lokal masih bergerak mengandalkan kemampuan sumber daya dan pola kerja masing-masing.
    “Sehingga pembangunan jaringan kemitraan dalam usaha dan investasi belum berkembang dalam peningkatan produktivitas, perbaikan kualitas atau mutu dan nilai tambah serta pemasaran produk barang dan jasa yang dihasilkan,” terang Windu.

    “Selain itu tantangan yang dihadapi dalam membina dan mengembangkan sektor usaha di daerah tidak ringan karena masih ada hambatan seperti rendahnya kualitas SDM, terbatasnya penguasaan teknologi,terbatasnya akses informasi, terbatasnya permodalan dan akses pemasaran serta kondisi infrastruktur yang terbatas,” jelas Windu.

    (enn/beritasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)