Tingkatkan Mutu Pelayanan Puskesmas Melalui Akreditasi

    SUKAMARA – Upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan tingkat pertama. Pemerintah Kabupaten Sukamara mengikutsertakan puskesmas yang berada di wilayahnya dalam penilaian akreditasi.

    Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan, puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan milik masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan ditingkat primer, melalui upaya kesehatan perorangan dan kesehatan masyarakat.

    “Saat tiga dari lima puskesmas yang ada di Sukamara sudah terakreditasi, hingga dua puskesmas lagi yaitu Puskesmas Permata Kecubung dan Jelai yang akan dilakukan survei akreditasi terhadap fasilitas kesehatan tingkat pertama ini,” ujar Windu usai membuka premeeting akreditasi FKTP di Aula Kantor Bupati, Rabu (21/11/2018) malam.

    Menurut Windu, ada perubahan besar saat puskesmas telah mendapatkan akreditasi terutama saat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

    “Perubahan banyak dan bisa kita rasakan langsung, dimana saat pertama masuk puskesmas tidak ada lagi bau obat atau semacamnya dan masyarakat yang berkunjung juga dibuat nyaman dengan fasilitas penunjang ada taman dan lainnya,” terang Windu.

    Dalam menjalankan fungsinya, lanjut Windu, puskesmas memerlukan indikator sebagai alat untuk mengukur mutu pelayanan tersebut, salah satunya melalui instrumen penilaian kinerja puskesmas yang berstandar nasional yaitu akreditasi.

    “Harapan kita dua puskesmas ini nanti juga akan mendapat akreditasi sebagai dasar standart pelayanan,” tukas Windu.

    (enn/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan