PT Astra Agro Lestari Tbk Ajak Wartawan Wisata ke TNTP, Beginilah Ceritanya…

    Penulis : Maman Wiharja

    HARI Rabu sore tanggal 21 November 2018, penulis yang merupakan wartawan online beritasampit.co.id mendapat SMS dari Pak Suryono Wardhani, selaku CDO PT Astra Agro Lestari Tbk Area B1.

    Dalam SMS itu berisi bahwa besok pagi Kamis 22 November 2018 wartawan yang mau ikut wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) kumpul di Dermaga Pos Balai TNTP, Kumai Pukul 07.00 WIB.

    Karena undangannya agak mendadak, akhirnya teman wartawan yang diundang terkumpul 12 orang dan Kamis (22/11/2018) sekitar Pukul 06.30 WIB sudah kumpul di warung kopi dekat dermaga Pelabuhan Pos Balai TNTP Kumai.

    Sebagian teman wartawan ada yang ngopi dan ada pula yang sarapan makan nasi kuning.

    Sekitar Pukul 07.00 WIB datanglah 4 personil dari Astra (Group) masing-masing H Hidayatusa’ban, CDO PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Area B1, Mochamad Husni, External Relation Manajer, PT AAL Tbk Area B1 dan Suryono Wardhani CDO PT (AAL) Tbk Area B1.

    “Mohon maklum kami mengundang rekan-rekan wartawan yang agak mendadak ini, selain untuk meningkatkan silaturahmi sekaligus memperkenalkan Dinasari Haritsyah, penjabat baru PR Area PT Astra Agro Lestari Tbk Area Borneo 1”,kata M Husni sambil memperkenalkan Dinasari (yang masih comblo) kepada wartawan yang berseri-seri saat salaman dengan Gadis Cantik.

    Usai perkenalan dengan Dinasari sebuah Kelotok khusus wisata yang cukup besar bertingkat satu lengkap dengan kursi/meja makan, toilet dan sejumlah kasur busa buat lesehan. Akihirnya langsung diserbu wartawan.

    Sekitar Pukul 07.30 WIB deru mesin kelotok mulai gemuruh dan kelotokpun mulai bergerak melaju pelan meninggalkan dermaga.

    “Perkenalkan saya Ali Mashuri sebagai dolfindo kelotok ini dan juga sebagai guide,” kata pria yang akrab disapa Ali kepada para penumpang saat kelotok melaju sudah 15 menit.

    Dan Ali pun dalam perjalan menjelaskan tentang tata tertib dalam perjalanan dan ketika sampai di TNTP

    “Lamanya perjalanan ke TNTP Insya Allah sekitar 8 jam pulang pergi dari Pelabuhan, dan hidangan makan dan makanan ringan nanti kami sajikan dua kali, sekitar pukul 12.00 WIB dan sore jelang pulang diperjalanan,” jawab Ali saat ditanya wartawan beritasampit.co.id.

    Singkat cerita, setelah kelotok memanjakan 12 wartawan dan 4 personil PT AAL Tbk yang larut dalam buaian gelombang kecil sungai dan sejuknya semilir hembusan angin diwarnai kiri kanan dengan hamparan indah hutan hijau.

    Dan mesin kelotok pun yang mengeluarkan riak air yang jadi gumpalan busa dibelakang buritan kapal terus menderu mendorong santai lajunya kelotok. Sekitar Pukul 12.00 WIB, hidangan makan siang disajikan. Wah nikmatnya bukan main makan bareng dengan lauk pauk,seperti sayur asem ikan laut Senangin, ikan gorek kering Belanak, dengan sambal pedas dan goreng tempe tepung, yang disusul cuci mulutnya dengan irisan Buah Semangka…

    “Wah nikmatnya bukan main, belum pernah saya selama jadi wartawan ada yang ngajak wisata senikmat ini, kapan lagi yah kita bisa santai begini terimakasih Pak Haji Dayat,” kata wartawan Yusro, yang disambut geeer ketawa.

    Akhirnya kelotok pun merapat didermaga Pos 2 menuju arah Camp Leakey. “Alhamdullilah kita telah sampai,” kata wartawan Yuliantini dan Husrin saat turun dari kelotok yang langsung mengikuti Ali menuju tepian jembatan kayu yang lebarnya sekitar 1,5 meter panjang sekitar 500 meter menuju pintu masuk Pos CampLeakaey.

    Setelah rombongan wisata wartawan dan PT AAL berjalan ‘ngos-ngosa’ sekitar 1 Km lebih karena cape dan jauh menuju penangkaran Orangutan di Camp Leakey. Sekitar Pukul 14.30 WIB sampailah dipenangkaran tempatnya orangutan diberi makan.

    “Tolong yah bicaranya jangan keras-keras, sebentar lagi orangutan akan berdatangan,” kata Ali.

    Dan dilokasi penangkaran nampak sekitar 15 turis asing dari Amerika yang sudah 1 jam lebih sabar menunggu orangutan datang.

    Setelah puas menyaksikan orangutan di Camp Leakey, rombongan kembali ke kelotok, dan sampai ke dermaga Pelabuhan Pos Balai TNTP di Kumai, sekitar Pukul 20.00 WIB. (*)

    (Visited 1 times, 1 visits today)