Wow… Aplikasi ‘SIMAYA’ di Kobar Awal 2019 Siap Mengangkasa 

    PANGKALAN BUN – Aplikasi Sistem Administrasi Perkantoran Maya (SIMAYA) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) awal tahun 2019 siap beroperasi. Aplikasi tata naskah elektronik berbagi pakai ini juga bakal menjadi satu persayaratan mutlak dalam penilaian SPBE nantinya.

    Selama ini surat menyurat yang dilakukan SKPD masih secara manual dan sering mengalami beberapa kendala, seperti kesulitan untuk menelusuri apakah surat itu sudah dikirim, apakah sudah diarsipkan, dan kesulitan untuk mencari arsip surat, apakah masih tersedia atau tidak.

    Rody Iskandar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kobar, pengadaan aplikasi SiMaya untuk Pemkab Kobar sesuai petunjuk, Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang menyebutkan bahwa dalam penerapan e-government, proses adminsitrasi perkantoran pemerintahan modern sudah harus menggunakan tata naskah sistem administrasi perkantoran berbasis aplikasi.

    “Sosialisasi aplikasi SIMAYA, sudah kami laksanakan 25 Oktober 2018 kepada jajaran SKPD. Karena nanti setiap SKPD akan beralih dari proses administrasi tata naskah manual ke tata naskah elektronik. Dengan peralihan itu dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses kerja,” ujar Rody.

    Dengan menggunakan aplikasi ini akan memberikan manfaat yang bisa dirasakan nantinya, misalnya sistem pengarsipan menjadi lebih hemat, waktu yang digunakan juga bisa lebih singkat, penelusuran berkas-berkas bisa semangkin cepat, dan disamping itu juga ada efisiensi dari anggaran.

    (Man/Beritasampit.co.id)

    EDITOR : MAULANA KAWIT