Promosi Wisata Dengan Festival Danau Sembuluh

    KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan, kembali menggelar Festival Danau Sembuluh berupa lomba dayung tradisional. Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Seruyan Tunjarsyah mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan potensi wisata alam Danau Sembuluh lebih dikenal dan diketahui oleh masyarakat.

    “Kami berupaya mengemasnya secara menarik dan menjadikannya sebagai salah satu agenda pariwisata andalan milik daerah,” katanya di Kuala Pembuang, Senin (26/11/2018). Wisata alam Danau Sembuluh sangat potensial untuk dikembangkan dan menjadi salah satu objek wisata andalan milik Seruyan. Keindahan alami yang dimiliki danau ini tidak kalah menarik dengan danau yang ada di daerah lain di Indonesia.

    Danau Sembuluh merupakan danau terbesar di Kalimantan Tengah dengan luas 7.832,5 hektare dan memiliki panjang sejauh 35,68 km. Danau ini merupakan tempat bermuaranya sungai-sungai besar dan kecil seperti Kupang, Rungau dan Ramania.
    Kedatangan wisatawan dari dalam maupun luar daerah, diharapkan meningkat melalui lomba dayung tradisional. Untuk itulah promosi terus dilakukan melalui website, media sosial serta media massa.

    “Apabila tidak ada perubahan, maka kegiatan yang sudah tercatat oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai agenda rutin daerah ini akan digelar pada 28-30 Januari 2019 mendatang,” ujarnya.
    Selain sebagai upaya promosi sektor pariwisata, kegiatan ini digelar untuk menjaring bibit-bibit berbakat dan unggul pada cabang olahraga dayung.

    Sehingga Seruyan tidak kesulitan lagi mencari atlet yang akan mewakili daerah pada Festival Budaya Isen Mulang ataupun agenda olahraga lainnya. Sistem dan tata cara yang digunakan mengacu pada tingkat provinsi, agar tidak perlu melakukan banyak penyesuaian saat perwakilan kabupaten berlaga di tingkat lebih lanjut. Nantinya setiap kecamatan akan mengirimkan wakilnya untuk bertanding pada kegiatan ini.

    (rdi/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)