Peringati Hari Ibu, DP3AP2KB Katingan Gelar Seminar Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam Pembangunan

    KASONGAN – Dalam rangkaian puncak peringatan hari ibu ke 90 tahun, Dinas Pemberdayaan Perepuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Katingan menggelar seminar peningkatan kapasitas perempuan dalam pembangunan.

    Seminar dengan tema perempuan mandiri dan berdikasi digelar di Aula Gedung BPKAD Katingan, Selasa (27/11/2018) menghadirkan pembicara dari Psikolog dari Universitas Palangka Raya yakni Rayne Patricia MPsi

    Kepala DP3AP2KB Katingan Dra Meliasih berharap, seminar yang dilaksanakan ini dapat menjadi salah satu hal yang perlu didorong bagi perempuan di Katingan untuk mencapai sasaran dan keinginan dalam menjalankan tugas serta peran peningkatan kualitas bagi perempuan.

    “Karena di Indonesia merukan sebuah keharusan. Sebab, perempuan dan laki-laki dihitung di Indonesia hampir sama banyaknya dengan total 100 perempuan ada 66 orang berusia produktif. Sementara dari 100 laki-laki ada 65 diantaranya berusia produktif. Berarti hanya sedikit perbedaan data yang ditunjukan kepada kita,” ucap.

    Selain itu, menurutnya, kaum perempuan agar bisa memumpuni dan dapat berpartisipasi disegala bidang dalam proses politik dan pembangunan Katingan.

    “Ini penting, agar perempuan bukan sekedar menjadi sasaran pembahasan objek dan pembangunan semata-mata.Perempuan perlu memperjuangan diri dalam proses politik dan pembangunan sehingga nanti bisa diraih dan dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya.

    Sementara, Ernate selaku ketua panitia seminar menyampaikan, bahwa tema seminar ini di latar belakangi oleh tuntutan zaman yang semakin modern. Dimana setiap perempuan baik yang bekerja maupun sebagai ibu rumah tangga di tuntut mampu menjadi wanita yang mandiri dan produktif, sekaligus menjadi pendamping suami dan ibu yang sempurna bagi anak-anak.

    “Peserta seminar diikuti sebanyak 190 orang yang terdiri dari, satu orang ketua dan tiga orang anggota dari seluruh perwakilan organisasi wanita se Kabupaten Katingan,” ucapnya.

    Tujuan seminar ini agar peserta lebih percaya diri dan memiliki konsep yang benar dalam memandang diri sendiri. Sehingga lebih dapat percaya diri dalam berperan serta dan berpartisifasi aktif di dalam bidang pembangunan di Kabupaten Katingan.

    Lanjutnya, nanti rangkaian puncak peringatan hari ibu ke 90 tahun di Kabupaten Katingan, akan dilaksanakan upacara peringatan hari Ibu pada Kamis 13 Desember 2018 di gedung Salawah Kasongan.

    “Dalam puncak acara itu akan dilaksanakan lomba peragaan pakaian kebaya. Kami mengharapkan partisipasi peran serta dari seluruh ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi wanita se Katingan untuk memeriahkan puncak acara peringatan hari Ibu nantinya,” ujarnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan