Sakariyas Beri Penghargaan kepada Yoshua Paskaputra Berhasil Memodifikasi Motor menjadi Tordam

    KASONGAN – Yoshua Paskaputra ST, salah seorang pegawai di Satuan Polisi Pamong Praja Satpol (Satpol PP) Kabupaten Katingan bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Bupati Katingan Sakariyas, baru-baru ini.

    Penghargaan itu lantaran keberhasilannya memodifikasi 1 unit motor menjadi Motor Pemadam Kebakaran (Tordam).

    Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti ini menurut Bupati Sakariyas patut menjadi contoh bagi ASN-ASN di sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lainnya, khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan.

    “Karena, bukan karena dinilai dari sisi inovasinya saja, tapi juga dapat bermamfaat bagi msyarakat banyak,” ujarnya.

    Oleh karena Tordam ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan pemkab setempat. Sehingga dirinya berencana ke depannya akan meminta kepada SOPD terkait melalui Yoshua untuk memperbanyak unitnya.

    “Paling tidak untuk pengadaan di masing-masing SOPD,” janjinya, seraya menjelaskan tentang tujuannya yaitu untuk mengantisipasi bahaya kebakaran di masing-masing kantor SOPD.

    Di tempat yang sama, Yoshua saat dikonfirmasi hasil inovasinya itu, awalnya datang dari seringnya melihat petani di salah satu daerah saat megairi sawahnya menggunakan Tordam dimaksud.

    “Oleh karena saya bekerja di bidang pemadam kebakaran, saya coba untuk merakit motor pribadi saya seperti milik petani yang sempat saya lihat itu,” katanya.

    Lanjutnya mengatakan, jika motor tersebut digunakan untuk pengairan di musim kemarau di daerah lain, tapi kalau di daerah kita akan digunakan untuk memadamkan api dengan cepat dan efesien.

    Oleh sebab itu, Tordam ini disamping lebih leluasa melalui jalur padat lalu lintas, juga lebih leluasa masuk dan keluar gang atau jalan-jalan yang sempit serta dapat menjangkau lokasi kebakaran pada area hutan dan lahan yang tidak dapat dilalui oleh mobil Damkar.

    Adapun spesifikasi pompa air tenaga Tordam ini menurutnya, dibuat dengan menggunakan sepeda motor sebagai alat penggeraknya ukuran inlet 2 inchi dan outlet-nya juga 2 inchi.

    Pada kondisi RPM stasioner atau gigi netral, denit air yang dihasilkan sebesar 1,6 liter perdetik. Sedangkan daya hisap verticalnya mencapai kedamalam 8 meter.

    “Melalui inovasi ini, Damkar Kabupaten Katingan bertekad untuk membangun kesadaran masyarakat cepat tanggap dan siap dalam menghadapi kejadian kebakaran serta mendorong masyarakat untuk dapat menggunakan sarana dan prasarana yang mudah dan selektif dalam menghadapi kebakaran,” ujar mantan pegawai di dinas PU, Penataan Ruang dan Perhubungan ini.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan

    (Visited 1 times, 1 visits today)