Wow, Royalti Pertambangan di Kalteng Tembus Rp1,8 Triliun

    PALANGKA RAYA – Keinginan orang nomor satu di Pemerintahan Provsinsi Kalimantan Tengh (Kalteng), H Sugianto Sabran untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dibidang pertambangan patut diacungi jempol.

    Pasalnya, sejak menjabat menjadi gubernur awal tahun 2016 yang lalu, dimana PAD Kalteng hanya Rp600 Miliar, kini terus naik.

    Itu berkat Sugianto dan jajarannya yang terus menggenjot dinas terkait, yaitu Dinas ESDM Kalteng untuk mengawasi keluarnya SDM Kalteng dari wilayah tersebut.

    Dan itu terbukti, bahkan melampaui target. Buktinya tahun 2017 saja royalti sektor tambang atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ke negara Rp1,7 triliun, melebihi 150 persen dari target negara.

    “Alhamdulillah royalti atau PNBP sektor pertambangan terus naik dari tahun ke tahun. Saat ini saja memasuki bulan November sudah diangka sekitar Rp 1,8 Triliun, mudah-mudahan dapat tembus Rp2 Triliun. Ini berkat doa masyarakat Kalteng, kerjasama kepolisian dan kejaksaan, sehingga Pemprov Kalteng melalui Dinas ESDM melakukan pengawasan dengan baik,” ucap Sugianto, Rabu (28/11/2018).

    Lanjut dia, baru memasuki akhir bulan November 2018 saja PNBP sudah mencapai angka Rp1,8 triliun. Hasil ini sampai akhir tahun 2018 bisa mencapai Rp2 T.

    Dengan demikian, PAD Kalteng dan daerah di Kalteng mengalami kenaikan. Dari royalti tersebut, pemasukan untuk Provinsi Kalteng 16 persen, kabupaten penghasil 32 persen sisanya kabupaten/kota, dan pusat sebanyak 20 persen.

    Saat ditanyakan kepada Kadis ESDM Kalteng Ermal Subhan, pihaknya menyebutkan PNBP sektor tambang mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Meskipun tergantung perubahan cuaca, Dinas ESDM terus melakukan pemantauan dan pengawasan baik melalui sistem online serta di lapangan.

    “Saat ini masih dilakukan pengawasan secara ketat baik sistem online dan juga lapangan bersama instansi terkait. Kita pantau terus perusahaan yang melakukan aktifitas, agar merkea memenuhi kewajibanya,” jelas Ermal.

    (apr/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan